5 Tips Membangkitkan Semangat setelah Bercerai, Beri Diri Anda Waktu untuk Pulih

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perceraian. Shutterstock

Ilustrasi perceraian. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengalami gejolak emosi adalah fase yang akan dilalui setelah bercerai. Perceraian bisa mengakibatkan kehampaan, kesepian, dan menghancurkan harga diri Anda. Namun, perceraian bukan berarti akhir, melainkan membuka pintu awal yang baru dan yang terpenting, menyaksikan kesempatan untuk menemukan kembali diri Anda. Membangkitkan semangat setelah bercerai bisa dimulai dengan membangun ketahanan dan memperlakukan diri sendiri dengan kasih sayang. Untuk lebih lengkapnya, berikut tips membangkitkan semangat setelah bercerai.

1. Beri Diri Anda Waktu untuk Pulih

Biarkan diri Anda pulih dari pengalaman masa lalu dan perpisahan dari pasangan. Manjakan diri Anda dengan praktik perawatan diri yang membantu Anda terhubung dengan diri sendiri.

Jangan fokus pada penilaian masyarakat atas kandasnya pernikahan. Jika Anda lega dengan berakhirnya pernikahan yang menyakiti, maka tidak apa-apa. Ketika suatu hubungan berakhir, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kembali kebahagiaan Anda.

2. Mengenali Emosi yang Sulit Membuat Anda Lebih Kuat

Jangan mencoba mengabaikan kesedihan, kemarahan, dan semua emosi sulit itu. Mengakui naik turunnya emosi bisa membangkitkan semangat dan kekuatan setelah bercerai. Mencari dukungan dari orang yang Anda cintai sambil merasakan sakitnya kehilangan membuat Anda lebih kuat.

3. Jangan Menghadapinya Sendirian

Mengalami emosi yang sulit setelah perceraian adalah hal yang wajar. Namun, menghadapinya sendirian tidaklah tepat. Sebaliknya, minta dukungan dari keluarga dan teman dekat. Hubungan dekat Anda bisa membantu Anda keluar dari emosi yang sulit dan bangkit kembali dari perpisahan.

4. Nikmati Status Lajang Anda

Mengalami perceraian bukan berarti hidup Anda terhenti. Masih banyak hal yang bisa dialami dan dijelajahi dalam hidup. Ini adalah masa transisi, di mana Anda mendapat kesempatan lagi untuk menemukan kembali diri dan impian Anda. Merangkul individualitas Anda usai perceraian memerlukan sikap yang lebih positif terhadap kehidupan.

5. Lakukan Apa yang Anda Sukai

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kompleksitas kehidupan usai perceraian adalah dengan menemukan tujuan hidup. Terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda merasa termotivasi dalam hidup merupakan fase pengasuhan dan penyembuhan. Buatlah daftar keinginan Anda dan berusahalah untuk memenuhinya. Kunci dari segala tips membangkitkan semangat setelah bercerai adalah komitmen diri untuk menyayangi diri lebih baik.

Pilihan Editor: 5 Alasan Mengapa Perempuan Susah Move On Usai Bercerai, Sering Menyalahkan Diri Sendiri

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."