Cek Undertone Kulit Kamu dengan 6 Pertanyaan Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pengaplikasian foundation. Shutterstock

Ilustrasi pengaplikasian foundation. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat memilih warna riasan yang paling bagus (dan terutama saat mencari warna concealer atau alas bedak), penting untuk mempertimbangkan undertone kulit Anda: apakah Anda termasuk orang yang hangat, sejuk, atau netral? Cara kerjanya adalah teori warna dasar: memilih warna yang tepat berdasarkan warna rambut, warna mata, dan rona kulit alami akan menonjolkan fitur Anda dan membuat Anda bersinar.

Namun, cara menemukan undertone kulit Anda yang sebenarnya tidak selalu merupakan tugas termudah. Kecuali Anda seorang penata rias profesional, mungkin sulit untuk mengetahui apakah Anda benar-benar memiliki warna kulit yang hangat atau dingin (atau di antara keduanya). Untungnya, ada cara untuk mempermudahnya - dan itu tidak termasuk mengunjungi konter riasan. Kami membuat kuis mudah di bawah ini untuk membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang kulit Anda. 

Dengan menjawab hanya enam pertanyaan singkat, Anda akan mengetahui cara menemukan undertone kulit Anda:

Warna Kulit Dasar Hangat

Jika Anda memiliki rona kulit hangat, biasanya itu berarti Anda memiliki kulit dengan rona dasar kuning, serta emas dan persik. Ini berarti riasan dengan warna coklat, emas, dan tembaga paling cocok untuk Anda. Jadi jika Anda bingung memilih warna eyeshadow untuk dicoba, itu selalu merupakan pilihan yang aman. Ini juga berarti alas bedak yang lebih cenderung berwarna kuning dan keemasan akan melengkapi warna kulit Anda. Dengan yang terakhir, Anda juga dapat mencari huruf "W" sebelum nomor pada nama bayangan.

Warna Kulit Undertone Dingin

Jika Anda memiliki rona kulit dingin, Anda mungkin memiliki sedikit rona kulit merah muda dan juga biru. Warna-warna yang sama kerennya, seperti warna permata dalam kelompok warna biru, ungu, dan hijau akan terlihat sangat cocok untuk Anda. Alas bedak terbaik Anda juga akan memiliki warna kebiruan atau merah muda. Untuk memudahkannya, beberapa merek menambahkan huruf "C" sebelum angka pada nama shade untuk membantu orang dengan undertone kulit dingin menemukan warna yang tepat.

Warna Kulit Dasar Netral

Nada netral tidak berarti hangat atau dingin — ia berada tepat di tengah-tengah. Ini berarti Anda memiliki pilihan dalam hal warna. Setiap warna, hangat atau dingin, akan melengkapi warna kulit Anda. Khususnya dengan alas bedak, Anda dapat memilih kategori warna dasar atau memilih kategori netral, yang mulai ditambahkan oleh banyak merek kecantikan ke dalam produk mereka dalam beberapa tahun terakhir dengan huruf "N" pada labelnya.

Apa Warna Kulit Saya?

Tes rona kulit ini akan membantu Anda menentukan apakah rona kulit Anda hangat, sejuk, atau netral — selain itu, kami akan menawarkan tips berguna untuk memudahkan pemilihan warna riasan Anda. Catatan: yang terbaik adalah melakukan tes berikut dalam cahaya alami (jadi mendekatlah ke jendela atau keluar) dengan wajah yang baru dicuci. Selain itu, tarik rambut Anda ke belakang dan jaga agar bahu Anda tetap terbuka sehingga Anda dapat merasakan warna alami Anda yang sebenarnya.

1. Lihatlah bagian dalam pergelangan tangan Anda. Warna apa yang paling menonjol pada pembuluh darah Anda?

A) Lebih biru
B) Lebih hijau
C) Sulit membedakan apakah warnanya biru atau hijau

2. Bayangkan diri Anda (atau lebih baik lagi untuk memakainya) dengan kemeja kuning atau oranye. Bagaimana penampilanmu?

A) Tidak terlalu bagus. Di mana atasan birunya?
B) Hebat — memberi saya kilau yang luar biasa
C) Saya bisa memakai hampir semua warna dan terlihat baik-baik saja

3. Perhiasan logam apa yang Anda sukai untuk kulit Anda?
A) Perak
B) Emas
C) Keduanya menarik bagi saya!

4. Letakkan selembar kertas putih di sebelah wajah telanjang Anda. Bagaimana tampilan kulit Anda?
A) Cukup bagus! Saya tidak melihat bayangan apa pun di sini
B) Sangat buruk! Kulitku pucat dan kusam. Mengapa kamu membuatku melakukan ini?
C) Oke. Mengapa saya memegang kertas ini?

5. Apa yang terjadi pada kulit Anda saat Anda berada di bawah sinar matahari tanpa tabir surya?
A) Saya terbakar — cepat
B) Saya berjemur
C) Saya mulai dengan kulit kecokelatan tetapi bisa terbakar jika saya berada di luar terlalu lama

6. Flek warna apa yang ada di matamu?
A) Biru atau abu-abu
B) Sedikit dari keduanya
C) Emas atau cokelat

Hasil

Jika Anda Kebanyakan Mendapat Nilai A: Cool Tone

Jika Anda termasuk dalam kategori ini — seperti Billie Eilish, Anne Hathaway, dan Lupita Nyong'o — cobalah menggunakan riasan wajah dan pakaian bernuansa permata, termasuk warna biru, ungu, biru-hijau, hijau, magenta, dan merah kebiruan. Untuk alas bedak, Anda mungkin akan terlihat paling cocok menggunakan formulasi dengan warna dasar kebiruan atau merah muda. Dan pastikan untuk menggunakan maskara hitam, biru tua, atau ungu untuk riasan mata: ini pasti akan membuat mata Anda menonjol.

Jika Anda Kebanyakan Mendapat B: Warm Tone

Jika Anda termasuk dalam kategori ini — seperti yang dilakukan selebritas seperti Jennifer Lopez dan Beyoncé — cobalah menggunakan warna riasan dan pakaian yang lebih bersahaja, seperti warna kuning, oranye, coklat, merah jingga, dan kuning-hijau. Untuk alas bedak, Anda mungkin akan terlihat paling cocok menggunakan formulasi dengan warna dasar kuning atau emas. Dan pastikan untuk menggunakan lipstik berwarna merah bata (dibandingkan dengan warna biru-merah cerah) saat keluar malam di kota: ini pasti akan membuat kulit Anda menonjol.

Jika Anda Kebanyakan Mendapat C: Neutral Tone 

Seperti Zendaya dan Jennifer Aniston, Anda memiliki rona kulit netral, yang berarti Anda dapat mengenakan warna apa pun yang Anda sukai. (Beruntungnya Anda!) Terserah Anda apakah Anda lebih suka warna riasan yang lebih sejuk atau warna yang lebih hangat, jadi bereksperimenlah dengan keduanya untuk melihat mana yang paling Anda sukai, atau gantilah tergantung pada perhiasan atau pakaian yang Anda kenakan. Tip terbaik kami? Hindari alas bedak yang ditujukan untuk warna kulit kuning karena akan membuat Anda terlihat pucat. Bereksperimenlah dengan warna emas mawar karena ada sedikit campuran hangat dan sejuk di dalamnya.

Pilihan Editor: Rekomendasi Warna Rambut untuk Pemilik Undertone Hangat

POP SUGAR 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."