9 Cara Membangun Kepercayaan Dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membangun kepercayaan dalam hubungan apa pun termasuk percintaan adalah aspek penting yang perlu diupayakan kedua belah pihak. Kepercayaan adalah landasan di mana hubungan yang sehat dibangun, juga kunci kelanggengan dan keharmonisan. Jika Anda baru memulai hubungan asmara,  berikut cara membangun kepercayaan dalam hubungan:

1. Komunikasi Terbuka

Menumbuhkan komunikasi yang terbuka dan jujur salah satu cara membangun kepercayaan. Bagikan pemikiran, perasaan, dan kekhawatiran Anda dengan pasangan.

Dengarkan pasangan Anda secara aktif dan validasikan perasaannya. Buat pasangan merasa didengarkan dan dipahami.

2. Konsistensi

Konsistenlah dalam tindakan dan perkataan Anda. Konsistensi membangun kepercayaan seiring berjalannya waktu. Tepati janji Anda dan tindak lanjuti komitmen. Hal ini menciptakan keandalan dan ketergantungan.

3. Transparansi

Bersikaplah transparan tentang niat, tindakan, dan keputusan Anda. Hindari menyembunyikan informasi penting. Bagikan tujuan dan aspirasi Anda dengan pasangan, dan libatkan dia dalam proses pengambilan keputusan jika diperlukan.

4. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawablah atas tindakan Anda, baik positif maupun negatif. Akui kesalahan dan minta maaf bila perlu. Tunjukkan kemauan untuk belajar dan tumbuh dari pengalaman.

5. Dapat Diandalkan

Jadilah seseorang yang dapat diandalkan oleh pasangan Anda. Berada di sana untuk mereka selama masa-masa baik dan sulit.

Tunjukkan secara konsisten bahwa Anda dapat dipercaya untuk mendukung dan mendukung pasangan Anda.

6. Hormati dan Berempati

Perlakukan pasangan Anda dengan rasa hormat dan kebaikan. Hindari perilaku tidak sopan seperti berbohong, bergosip, atau meremehkan.

Hormati batasan pasangan dan berusahalah untuk memahami dan menghargai perspektif mereka. Tunjukkan empati terhadap perasaan dan pengalaman pasangan. Pahami sudut pandang pasangan, meskipun berbeda dengan sudut pandang Anda.

Bersikaplah suportif selama masa-masa sulit, dan rayakan keberhasilannya.

7. Menepati Janji

Buatlah janji yang dapat Anda tepati secara realistis. Mengingkari janji dapat mengikis kepercayaan dengan cepat.

Jika keadaan berubah, komunikasikan secara terbuka mengenai perubahan tersebut dan negosiasi ulang komitmen.

8. Memberi dan Menerima

Ciptakan hubungan yang seimbang di mana Anda dan pasangan berkontribusi dan merasa dihargai. Temukan keseimbangan yang sehat antara kemandirian dan saling ketergantungan dalam hubungan.

Bagikan pemikiran dan perasaan Anda dengan pasangan. Membangun keintiman emosional menciptakan ikatan yang lebih kuat dan memperkuat kepercayaan. Kembangkan rasa keterhubungan melalui pengalaman bersama dan waktu berkualitas bersama.

9. Tetap Terbuka terhadap Perubahan

Kepercayaan membutuhkan waktu untuk berkembang dan bisa rapuh. Bersabarlah, konsisten, dan berkomitmen untuk kesejahteraan hubungan. Jika kepercayaan telah rusak, mungkin diperlukan waktu dan upaya untuk membangunnya kembali, namun hal ini dapat dilakukan dengan komunikasi terbuka dan tindakan yang tulus.

Pilihan Editor: 5 Cara Menciptakan Ruang Pribadi dalam Hubungan Asmara

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."