Tren Pakaian Vintage Diperkirakan Naik pada 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Jessica Mila mengunggah potret mesranya bersama Yakub Hasibuan ke laman Instagramnya. Dalam foto tersebut, Jessica dan Yakup tampil bergaya vintage. Instagram/jscmila

Jessica Mila mengunggah potret mesranya bersama Yakub Hasibuan ke laman Instagramnya. Dalam foto tersebut, Jessica dan Yakup tampil bergaya vintage. Instagram/jscmila

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaya berbusana vintage kerap terlihat baik di karpet merah maupun di tempat umum, dengan artis papan atas yang memimpin tren tersebut seperti Zendaya, Kim Kardashian, hingga Rihanna.

Namun meski segala hal yang berkaitan dengan era 90an telah mendominasi dalam beberapa tahun terakhir, para pakar fashion memperkirakan akan ada pendekatan gaya berbusana yang lebih tertutup di 2024 seperti era 50an dan 80an.

“Kita tidak akan melihat banyak rok mini dan atasan berpotongan, saya rasa orang-orang ingin berpakaian lebih konservatif,” kata Marie Laboucarié, pendiri Nina Gabbana Vintage mengatakan kepada Vogue beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan banyak orang akan tertarik mengenakan pakaian vintage  dengan celana atau rok panjang, dengan aksen padding pada bahu. Tren fashion pada era 80an mulai dari trench coat hingga jaket bomber diprediksi akan kembali digemari. Sementara jenama fashion kelas atas seperti Yves Saint Laurent, Thierry Mugler, dan Alaïa diprediksi akan semakin populer, karena rancangan mereka yang banyak mengambil pola vintage di era 80an.

Selain itu para pengamat fashion juga menilai gaya berbusana 50an akan kembali digemari berkat acara realitas "The New Look" yang menghadirkan gaya ultrafeminin. “Saya melihat banyak gaya tahun 50an muncul di dunia peragaan busana modern, yang biasanya mencerminkan permintaan yang kita dapatkan di dunia vintage,” kata pendiri Tab Vintage Alexis Novak.

Sementara Cherie Balch dari Shrimpton Couture mengatakan pakaian busana korporat telah menjadi favorit gadis-gadis karena pengaruh Kendall Jenner saat mengenakan gaun two-in-one John Galliano di Paris Fashion Week. "Saya senang melihat betapa kreatifnya orang-orang dengan pakaian vintage yang dipadukan dengan gaya dan aksesori yang sangat modern," kata Balch.

Selain itu, mode vintage juga diperkuat dengan tema Met Gala tahun ini “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion” yang akan menampilkan pameran Costume Institute untuk mengingat kembali sejarah fashion pada 400 tahun yang lalu.

Dengan kembalinya tren 50an dan 80an, berarti aksen draperi serta siluet ramping juga akan menjadi populer di 2024.

Pilihan Editor: 5 Ide Dekorasi Natal Bergaya Vintage

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."