Mengenal Lebih Dekat Desainer Didiet Maulana, Dirikan IKAT Indonesia Tahun 2011

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Desainer Didiet Maulana menerjemahkan dengan manis makna janji putih dalam kebaya Kutubaru yang dikenakan Via Vallen saat akan nikah/Foto: Instagram/Didiet Maulana

Desainer Didiet Maulana menerjemahkan dengan manis makna janji putih dalam kebaya Kutubaru yang dikenakan Via Vallen saat akan nikah/Foto: Instagram/Didiet Maulana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang busana, Didiet Maulana kerap dipercaya para artis dan pejabat pemerintahan untuk mendesain busana mereka di hari-hari istimewa seperti kebaya akad nikah, gaun pengantin, dan busana di perayaan kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus. Tak hanya itu, Didiet juga sudah punya daftar panjang kolaborasi dalam mencipta busana seperti seragam maskapai penerbangan, mengaplikasikan motif tenun cepuk di sejumlah merchandise kedai kopi kenamaan asal Amerika hingga membuat kebaya serta gaun untuk robot Sophia.

Nah, untuk lebih dekat mengenal sosok Didiet Maulana, berikut sekilas perjalanan kariernya.

Berdasarkan akun Linkedin pribadinya, Didiet Maulana diketahui meraih gelar sarjana di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung jurusan Arsitektur yang lulus pada 2003.

Lalu, pada 2019, dia melanjutkan pendidikan master di Cambridge Judge Business School jurusan Business, Management, Marketing, and Related Support Services. Di sana, dia berhasil menyelesaikan studi pada 2020. 

Selama menempuh pendidikan, Didiet sudah mulai bekerja. Saat masih mengambil pendidikan S1, dia bekerja sebagai penyiar radio secara langsung di Radio OZ Bandung pada Mei 2001 hingga Februari 2003.

Setelah itu, pada Juni 2003 sampai November 2005, dia menjadi Talent Artist Relations di MTV Networks. Kemudian, pada Desember 2005 sampai Juni 2012, dia bekerja sebagai Group Marketing Communications Manager di PT Gilang Agung Persada. 

Pada 2011, Didiet memutuskan menjadi perancang busana dengan mendirikan IKAT Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang. Mengacu theikatindonesia, IKAT Indonesia merangkum dan menciptakan kembali ide-ide tentang generasi muda yang melestarikan budaya magis di Indonesia. Para generasi muda melahirkan ide tersebut dengan menggunakan warisan seni tenun di industri mode. Cara tersebut bertujuan untuk mempromosikan seniman lokal yang dikuratori dengan barang-barang mode hasil rancangan terbaik. 

Setelah mendirikan IKAT Indonesia, Didiet juga menciptakan SVARNA by IKAT Indonesia, sebuah brand busana premium dan Sarupa by IKAT Indonesia yang berfokus pada pembuatan seragam. Saat ini, dia banyak melakukan kegiatan bersama komunitas lokal yang berbasis budaya. Ia juga menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), anggota Asosiasi Merek Indonesia (AMIN), dan konsultan beberapa perusahaan. Selain itu, dia juga kerap menjadi pembicara acara bincang-bincang untuk memotivasi generasi muda Indonesia sebagai pengusaha.

Menurut laman resmi didietmaulana, Didiet diketahui sering melangsungkan berbagai workshop cara menjadi pengusaha di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jepara, Lasem, dan Tanimbar.

Sejak pandemi, dia juga menggagas sebuah kelas online untuk para pengusaha atau pebisnis di Indonesia bernama #JadiGiniBelajarBersama (JGBB). Kelas tersebut hadir agar masyarakat Indonesia, khususnya pengusaha tetap kreatif dan produktif saat Covid-19 melanda.

Selama berkiprah sebagai perancang busana, Didiet Maulana telah membuat pakaian untuk tokoh publik dan selebritas Tanah Air. Dia pernah merancang jas tutup untuk Jusuf Kalla dalam waktu 24 jam ketika masa libur Lebaran pada 2022, seperti dilansir Majalah Tempo. Melalui Instagram pribadi @didietmaulana, selain BCL, dia juga pernah membuat busana untuk Raline Shah, Maudy Ayunda, Ariel Tatum, Isyana Sarasvati, Via Vallen, dan Nikita Willy. 

Pilihan Editor: Didiet Maulana Rancang Seragam BPJS Ketenagakerjaan Bertema Anaka Prathama, Apa Maknanya?

RACHEL FARAHDIBA R | ECKA PRAMITA | MAJALAH TEMPO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."