Agar Resolusi Tahun Baru 2024 Terwujud, Lakukan 10 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi resolusi 2024. Shutterstock

Ilustrasi resolusi 2024. Shutterstock

IKLAN

6. Rayakan Kemenangan Kecil

Merayakan pencapaian kecil dalam perjalanan menuju tujuan Anda yang lebih besar adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda tetap termotivasi. Katakanlah tujuan Anda adalah membaca 20 buku tahun ini. Setelah setiap buku yang Anda baca, manjakan diri Anda dengan sesuatu yang Anda sukai, seperti minuman favorit, makanan lezat untuk dibawa pulang, atau malam yang nyaman. Camilan kecil ini akan membuat Anda bersemangat untuk terus mengambil langkah untuk mencapai resolusi Anda.

7. Beritahu Orang-orang tentang Resolusi Anda

Psikiater Lagoy menyarankan agar Anda memberi tahu teman dekat atau keluarga tentang resolusi Anda, sehingga mereka dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab. Dan saat Anda melakukannya, Anda dapat meminta mereka untuk bergabung dengan Anda.

Jangan ragu untuk menyertakan keluarga dan teman dalam resolusi Anda, seperti mengundang orang lain untuk pergi ke gym bersama Anda untuk menambah semangat.

Selain itu, Leaf mengatakan bahwa Anda juga harus menawarkan untuk mendengarkan tujuan mereka (jika mereka ingin berbagi).

“Komunikasi yang aktif ini, selain saling menyemangati, juga akan membantu mempermudah pencapaian tujuan Anda,” ujarnya.

8. Bersikaplah Spesifik

Menurut Lagoy, resolusi akan lebih mudah dicapai jika resolusi tersebut konkret dan tidak samar-samar. Misalnya, jika tujuan Anda adalah ingin berolahraga lebih banyak, misal "Saya akan pergi ke gym setidaknya sekali seminggu" atau "Saya akan mulai berlatih dengan pelatih pribadi", merupakan resolusi yang lebih cerdas daripada "Saya ingin menjadi bugar." 

Menjadi bugar mungkin merupakan dorongan yang memotivasi, namun tujuan atau resolusi harus mencakup bagaimana, secara spesifik, Anda berencana untuk melakukannya.

9. Fokus pada Rasa Syukur

“Faktor kunci lain yang akan membantu Anda tetap berpegang pada resolusi adalah dengan mewujudkannya dengan rasa syukur,” kata Leaf. Dia menyarankan untuk menuliskan segala sesuatu yang terjadi pada tahun lalu yang membuat Anda bahagia. Pikirkan tentang apa yang terjadi selama setahun terakhir dan bagaimana Anda sampai pada posisi Anda sekarang.

“Bersyukurlah atas setiap pertumbuhan,” ujarnya.

Fokuslah pada hal-hal positif dan ubahlah hal-hal negatif. Ini akan membangun ketahanan mental Anda dengan membangun jaringan saraf yang sehat di otak, yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan lebih baik di masa depan.

10. Hindari Resolusi yang Gagal Tahun Lalu

Jika Anda memiliki resolusi yang sama dari tahun ke tahun, dan Anda tidak mencapainya, maka Anda melakukan sesuatu yang salah. Ubah resolusi Anda dan jangan membuatnya sama dengan resolusi gagal tahun lalu. Sasaran yang gagal Anda capai di masa lalu akan sulit dipenuhi karena keyakinan Anda terhadap kemampuan Anda untuk mencapainya akan rendah.

Jika Anda benar-benar ingin mencoba mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan tetapi gagal di masa lalu, cobalah memodifikasinya agar lebih dapat dicapai. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan 20 kg, ubahlah ke tujuan yang lebih mudah dicapai. Sebaliknya pikirkan, 'saya ingin menurunkan satu kilogram per dua minggu dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan berolahraga setidaknya tiga kali seminggu'.

Apa pun resolusi tahun baru Anda selama untuk kebaikan dan pertumbuhan diri, luangkan waktu untuk merancangnya sedetail mungkin ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Belum Punya Resolusi Tahun Baru? Bagaimana Jika Mulai dengan Kebiasaan Sederhana

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."