Tantangan Awal Hanifa Ambadar Menghelat Jakarta X Beauty dan Rumus Eksistensinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Hanifa Ambadar - CEO Female Daily Network ditemui dalam acara pembukaan Jakarta X Beauty 2023 bagian kedua di Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Hanifa Ambadar - CEO Female Daily Network ditemui dalam acara pembukaan Jakarta X Beauty 2023 bagian kedua di Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Hanifa Ambadar salah satu sosok yang berperan dalam perkembangan industri kecantikan Tanah Air. Dimulai dari merintis laman blog pada 2007 yang kini berkembang menjadi sebuah media dan platform kecantikan, Female Daily Network. Bersama timnya, dia juga yang menjadi tokoh di balik hadirnya expo kecantikan Jakarta X Beauty atau JXB yang dihelat kali pertama 2017 silam. Menurut perempuan yang akrab disapa Hani itu, meyakinkan merek atau brand kecantikan di masa itu untuk bergabung di JXB salah satu tantangan yang dia rasakan.

"Tantangannya banyak banget dari awal sampai sekarang, beda-beda. Di awal, karena baru pertama kali, tantangannya adalah meyakinkan brand-brand untuk ikutan," jelasnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2023.

Chief Executive Officer (CEO) Female Daily Network itu mengatakan bahwa ada sekitar 40 merek kecantikan yang menjadi bagian dari JXB perdana, setahun kemudian bertambah menjadi lebih dari 60 brand, dan di tahun ini, tahun ketujuhnya, lebih dari 300 merek memeriahkan JXB. 

Dia pun bersyukur di antara ratusan brand tersebut, sekitar 60 hingga 70 persennya adalah jenama lokal.

"Perkembangan JXB ini seiring dengan perkembangan industri kecantikan, banyak local brand (jenama lokal) baru yang bermunculan," ucap perempuan yang sudah berkarier di industri kecantikan selama 15 tahun ini.

"Waktu itu local brand tidak lebih dari 10. Kalau sekarang dari 300 brand, 60 sampai 70 persennya adalah local brand," katanya dengan penuh semangat.

Rumus Eksistensi JXB

Menurut ibu dua anak itu, tantangan selalu ada ketika kita menantang diri untuk bisa berbuat yang lebih baik dan lebih besar. Sama halnya dengan keinginan memperluas JXB guna menampung tingginya antusiasme pengunjung, berawal dari tenda di area luar pusat perbelanjaan Senayan, lalu bertambah ke area dalam seperti main atrium dan The Hall. Kini, JXB diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) dengan menggunakan semua areanya.

"Mungkin experience di awal merasa cukup-cukup saja, tapi sempit banget di tenda. Akhirnya kami belajar menciptakan aktivitas-aktivitas yang lebih menyenangkan pengunjung," jelasnya.

Menurut Hani, selalu menghadirkan sesuatu yang baru juga termasuk rumus menjaga eksistensi JXB. Dia juga tak pernah menutup telinga dari beragam kritik membangun dari pengunjung.

"Selalu mendengarkan feedback pengunjung dan kami perbaiki ke depannya," imbuhnya.

"Di tahun ini ada acara penghargaan, jadi rangkaian acaranya semakin meriah dan banyak. Artis dan influencer yang datang semakin beragam. Dulu mana ada artist yang tampil, tapi sekarang ada. Jauh lebih menyenangkan jadi ke sini bukan cuma belanja, dapat energi positif vibes-nya," pungkas Hanifa Ambadar.

Sebagai informasi, Jakarta X Beauty merupakan bagian dari Female Daily (FD) X Beauty, signature event dari Female Daily. Di tahun ini, diadakan tujuh rangkaian acara FD X Beauty, yang juga diselenggarakan di Makassar, Medan, Bandung dan ditutup dengan Jakarta X Beauty yang kedua di bulan Desember ini.

Pilihan Editor: Industri Kecantikan Kian Berkembang, Beauty AI Memberi Banyak Treatment Personal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."