5 Kelebihan Jam Kerja Fleksibel dan Remote Work

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita duduk bekerja. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi wanita duduk bekerja. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jam kerja fleksibel diterapkan di beberapa tempat kerja termasuk kerja jarak jauh atau remote work. Jam kerja yang tidak kaku ini dinilai membuat pekerja lebih produktif karena bisa membantu menyeimbangkan kehidupan pribadi alias worklife balance juga berdampak pada lingkungan. Untuk lebih lengkapnya, berikut lima kelebihan jam kerja fleksibel saat remote work menurut Amneet Kaur Sahdra, Direktur Outsized, perusahaan konsultan manajemen dan kepemimpian, India.

1. Harmoni Kehidupan 

Jam kerja fleksibel memberdayakan pekerja untuk menciptakan keseimbangan yang harmonis antara kehidupan profesional dan pribadi. Misalnya menghadiri acara sekolah anak, mengejar pendidikan lebih lanjut, atau mengelola kesehatan, kemampuan untuk menyesuaikan jam kerja dengan keadaan hidup akan mengurangi stres dan lebih banyak waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih.

2. Peningkatan Produktivitas

Fleksibilitas waktu disebut cenderung meningkatkan produktivitas. Ketika karyawan dapat memilih jam kerja yang sesuai dengan tingkat energi, mereka cenderung lebih efisien dan menghasilkan output yang berkualitas lebih tinggi.

3. Mengurangi Dampak Terhadap Lingkungan

Bekerja jarak jauh secara signifikan mengurangi kebutuhan akan perjalanan sehari-hari, dan menurunkan emisi karbon secara signifikan dan berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih bersih.

4. Akses Talenta Global

Opsi kerja jarak jauh juga memberdayakan perusahaan untuk memanfaatkan banyak sekali talenta global. Dengan begitu bisa memperkaya tim dengan beragam perspektif dan pengalaman, yang mengarah pada solusi inovatif dan membina tempat kerja yang benar-benar global.

5. Menghemat Waktu dan Biaya

Opsi jam kerja fleksibel dan jarak jauh membantu menghemat waktu dan uang. Biaya perjalanan, pakaian kerja, dan waktu yang dihabiskan dalam lalu lintas semuanya berkurang. Hal itu berdampak pada peningkatan keuangan dan sumber daya pribadi. Waktu yang dihemat dapat diinvestasikan untuk perawatan diri, olahraga, dan peningkatan kesehatan mental

Pilihan Editor: 5 Tips Raih Kemerdekaan Finansial Bagi Pekerja Pemula

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."