Ingin Menjajal Bus Wisata Jakarta? Ketahui Rute dan Jam Operasionalnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Warga menaiki Bus Wisata Transjakarta di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 20 Januari 2023. Bus tingkat dengan atap terbuka yang merupakan fasilitas gratis itu memungkinkan warga menikmati pemandangan lanskap gedung-gedung perkantoran di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Warga menaiki Bus Wisata Transjakarta di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 20 Januari 2023. Bus tingkat dengan atap terbuka yang merupakan fasilitas gratis itu memungkinkan warga menikmati pemandangan lanskap gedung-gedung perkantoran di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu berencana menjajal bus wisata Jakarta atau bus Jakarta Explorer di sisa akhir pekan ini? Jika iya, ketahui rute dan jam operasionalnya. Oiya perlu diingat, bus wisata yang dikelola PT Transportasi Jakarta ini bisa dinaiki tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Dengan 22 bus tingkat, awalnya Jakarta Explorer memiliki 8 rute yang singgah di beberapa tempat wisata Jakarta. Namun mulai  tanggal 17 Oktober 2023, Transjakarta menambah rute bus baru khusus untuk kawasan Monuman Nasional atau Monas yang disebut Monas Explorer atau BW10.

Saat ini bus Jakarta Explorer memiliki 4 rute wisata yang berbeda, dengan tema wisata yang bervariasi, sehingga warga Jakarta dan wisatawan dapat berkeliling dan menelusuri sejumlah ikon di Kota Jakarta dengan mudah.

Bus wisata ini juga memiliki audio yang menjelaskan latar belakang lokasi yang disinggahi. Selain itu, petugas bus (OnBoard) dapat menjelaskan tentang ikon-ikon Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut.

Berikut rute dan jam operasional bus wisata Jakarta Explorer

1. BW1 - Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Rutenya adalah Juanda Istiqlal - Museum Bank Indonesia - Kali Besar Barat 1.

2. BW4 - Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)

Baca Juga:

Rute yang dilewati antara lain IRTI - Balai Kota 1 - MH Thamrin 1 - Wisma Nusantara - Tosari 1 - Dukuh Atas 3 - Karet Sudirman 1 - Gelora Bung karno 1 - Bundaran Senayan 3 - FX Sudirman - GBK Pintu 7 - Tosari 2 - Plaza Indonesia - MH Thamrin 2 - Museum Nasional - Pecenongan 1 - Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta - Monas 1 - Monas 3.

3. BW9 - Kota Tua - PIK

Rutenya adalah Kali Besar Barat 1 - Buddha Tzu Chi - Gold Coast - Food Street - PIK2 Pantjoran - Melody Golf - Pantai Maju - Melody Golf 2 - Seberang Food Street - The Piano - Fresh Market PIK - PIK Avenue.

4. BW10 - Monas Explorer

Bus Monas Explorer dimulai dari IRTI - Gambir 2 - Gambir 1 - Juanda Istiqlal - Monas 1 - Monas 2 - Monas 3. 

Jakarta Explorer umumnya berupa bus tingkat tertutup, tapi khusus bus wisata BW4 yang menelusuri Pencakar Langit setengah atapnya terbuka pada bagian depan bus. Jadi, wisatawan bisa leluasa menikmati pemandangan ibu kota dari atas. Kapasitas bus tingkat ini yaitu 38 kursi.

Semua bus wisata beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB, mulai dari  Selasa - Minggu, kecuali BW9 beroperasi setiap hari.

Warga antre untuk masuk ke dalam bus wisata gratis Transjakarta di Jakarta, Rabu 4 Mei 2022. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus wisata gratis selama libur Lebaran yang beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Cara Naik Bus Wisata Jakarta Explorer

Sekali lagi, bus wisata Jakarta Explorer bisa dinaiki gratis. Penumpang tidak perlu membeli tiket, cukup menyiapkan kartu uang elektronik dari bank atau Jak Lingko. Berikut cara menaikinya:

1.Tunggu bus di halte dengan rambu bergambar bus Transjakarta atau dengan bertuliskan rute dari bus tingkat, misalnya BW1 - Sejarah Jakarta (History of Jakarta), BW4 - Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers), BW9 - Kota Tua - PIK, BW10 - Monas Explorer.

2. Naiklah bus dengan melakukan tap kartu uang elektronik (Flazz, e-Money, Brizzi, Tapcash, Jakcard, atau kartu berlogo Jak Lingko). Meski melakukan tap, saldo tidak akan terpotong karena tarifnya gratis atau Rp 0.

3. Wisatawan dapat duduk di kursi yang telah disediakan di bawah maupun di tingkat yang atas, dan patuhi peraturan bus wisata seperti tidak berdiri/mondar-mandir, dan tidak makan saat bus sedang berjalan.

Pilihan Editor: Gaya Wisatawan Indonesia saat Liburan, Wajib Cari Pengalaman Otentik

LAYYIN AQILA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."