Seperti yang Dikenakan Prilly Latuconsina, Ketahui Tips Memadukan Korset Masa Kini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Prilly Latuconsina/Foto: Instagram/Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina/Foto: Instagram/Prilly Latuconsina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari sekian banyak tren fashion yang naik turun popularitasnya, korset selalu kembali menjadi gaya. Entah itu mencoba kostum jadul atau menata atasan bergaya korset untuk pakaian kasual, pemakainya selalu disukai karena kemampuannya membentuk bentuk pinggang layaknya jam pasir. Bahkan, kini kerap digunakan sebagai luaran dress, seperti yang dikenakan Prilly Latuconsina saat menerim Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik di Festival Film Indonesia 2023.  

Korset atau bustier awalnya dikenal sebagai pakaian dalam yang dikenakan di batang tubuh yang membentuk atau melatih tubuh menjadi siluet jam pasir. Sering terlihat pada mode masa lalu, korset klasik terdiri dari dua panel kain yang diikat di bagian depan dan bertali di bagian belakang, sehingga pemakainya dapat mengikatnya sekencang yang mereka inginkan.

Tetapi seiring majunya industri fashion, kini korset tidak hanya dipakai sebagai pakaian dalam saja, melainkan menjadi item fashion yang penting untuk menciptakan gaya fashion yang berkelas.

Cara Memadukan Korset

Beberapa cara untuk memadukan korset dalam gaya fashion masa kini salah satunya memakainya sebagai crop top. Sekarang banyak toko mode yang menjual pakaian dengan model menyerupai korset, kamu bisa memakainya sebagai bentuk mode. Korset juga bisa dipasangkan dengan rok mini atau celana panjang.

Kemudian korset juga bisa dipadukan dengan gaun vintage untuk membuat fashion kamu terlihat seperti zaman pertengahan abad 20. Memadukan korset dengan gaun bodycon juga bisa dilakukan dengan catatan memakai korset berbahan katun, sutra, atau satin.

Tren terkini, orang-orang senang memakai korset sebagai lapisan terluar busana. Jika kamu memutuskan memadukan korset bersama kemeja akan lebih baik jika memakai bawahan celana panjang atau rok mini, lalu mengenakan sepatu hak tinggi. Jika kamu memakai korset bersama kaus, akan lebih kasual bila ditambah blazer sebagai outer sehingga penampilan lebih kasual.

Tips Memakai Korset

Bustier atau korset. Shutterstock

Pilihlah ukuran korset yang berdasarkan lingkar pinggangmu. Jika lingkar pinggang kurang dari 38 inci, pilih ukuran korset empat hingga tujuh inci lebih kecil. Sedangkan bila lebih dari 38 inci, pilih korset tujuh hingga sepuluh inci lebih kecil. Jangan khawatir bila kekecilan, karena tali yang ada pada korset bisa disesuaikan dengan kenyamananmu.

Saat pertama kali memakai korset, tidak masalah untuk memakainya dengan setelan paling longgar. Hal ini dilakukan agar tubuh kamu dapat beradaptasi dengan keberadaan korset. Bila sudah terbiasa, maka silakan mengencangkannya sesuai keinginan kamu.

Hati-hati dalam mengencangkan korset. Karena pemakaian yang terlalu kecil dapat melukai pinggang dan membuat kamu sulit bernapas. Lakukan pengencangan secara bertahap dan penuh perhatian agar tetap tampil gaya tanpa risiko yang membahayakan.

Pilihan Editor: Raih Piala Citra FFI 2023, Prilly Latuconsina: Alhamdulillah Doa Saya Terkabul

ANNISA YASMIN | MASTERCLASS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."