Cemburu Buta Bisa Merusak Hubungan, Cek Tandanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan cemburu. Freepik.com

Ilustrasi pasangan cemburu. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaCemburu buta bisa merusak hubungan karena mengarah posesif pada pasangan dan bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Hal ini juga bisa membuat hubungan tak lagi dilandasi kepercayaan dan kenyamanan satu sama lain. 

Cemburu buta juga bisa merusak hubungan, bahkan menyebabkan perpisahan. Simak penjelasan yang diberikan Bolde berikut.

1. Melarang bertemu teman

Waspadai jika orang merasa memiliki pasangan sepenuhnya karena pada dasarnya semua orang memiliki kebebasan dan hak atas diri sendiri. Andai pasangan tidak memberi ruang pribadi dan merasa harus tahu semua hal tentang Anda dan apa yang dilakukan sekecil apapun, bahkan juga melarang untuk bertemu teman-teman, maka ini salah satu tanda cemburu yang merusak.

2. Terus memantau

Jika pasangan mulai melacak apapun yang Anda kerjakan hanya untuk mengetahui keberadaan dan dengan siapa Anda berbicara dan apa yang Anda lakukan, itu sudah menjadi racun dalam hubungan. Ketika pasangan bersikap sangat curiga sehingga mulai membuka informasi pribadi seperti kata kunci ponsel, email, dan lainnya hanya untuk melihat kegiatan Anda, ini adalah tanda cemburu beracun.

3. Komentar berlebihan

Ketika menjalin hubungan maka dua orang akan saling melibatkan dalam kegiatan dengan meminta saran, umpan balik, dan lainnya. Tujuannya untuk membuat pasangan merasa terkait dengan apa yang ia lakukan. Tetapi ketika pasangan justru memberikan komentar daripada saran yang diinginkan, Anda harus berhati-hati. Misalnya dia mulai berkomentar berlebihan dan selalu menilai apa yang Anda lakukan salah dan tidak berarti. Komunikasikan masalah itu dan sampaikan bahwa dia boleh memberi saran tapi bukan komentar.

Pasangan selalu iri dengan apa yang Anda miliki, mulai dari pekerjaan, gaji, mobil, dan material lain. Dia mulai merasa hubungan ini tidak seimbang dan Anda selalu lebih beruntung darinya sehingga mulai menjauhkan diri dan bersikap sinis pada finansial Anda.

4. Terobsesi

Bila pasangan menunjukkan obsesi yang ekstrem, Anda tahu itu berbahaya dan tanda cemburu buta. Ini adalah tanda-tanda pasti yang menunjukkan hubungan diwarnai kecemburuan beracun. Cari tahu masalahnya.

Pilihan Editor:  Rasa Cemburu dalam Cinta dan Pernikahan Wajar, Asal Jangan Berlebihan

YAYUK WIDIYARTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."