4 Tips Mudah Kurangi Asupan Garam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi garam. Shutterstock

Ilustrasi garam. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jakarta - Garam salah satu zat yang sebaiknya dikurangi jumlah konsumsinya. Mengurangi natrium dalam makanan sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. 

Simak tips kurangi asupan garam dengan cara sederhana

1. Jangan Taruh Garam di Meja 

Merujuk temuan studi dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings awal bulan ini, tidak menaruh tempat garam di atas meja selama waktu makan dapat menjadi cara yang berguna untuk mengurangi jumlah natrium yang dimakan. Dengan cara ini, garam tidak terlihat lagi dan tidak ada dalam pikiran.

Keharusan untuk bangun dari kursi untuk mencari garam dikatakan dapat menciptakan penghalang yang cukup untuk mengurangi frekuensi penggunaannya. Pakar nutrisi Vandana Sheth, RDN, CDCES, FAND seperti disiarkan Health pada 9 November lalu merekomendasikan orang-orang untuk mengurangi natrium secara bertahap, bukan sekaligus, karena tindakan diet yang drastis sering kali tidak berhasil.

2. Memilih Makanan Segar

Beberapa strategi sederhana yang membantu menjaga kadar natrium tetap rendah adalah membilas makanan kaleng seperti kacang-kacangan dan sayuran sebelum digunakan, atau memilih makanan segar jika memungkinkan. Pilihan seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak umumnya mengandung sedikit natrium.

3. Baca Kadar Garam dalam Label Makanan

Selain itu, jangan lupa membaca label makanan untuk mengetahui berapa banyak natrium yang didapatkan. Produk dengan 5 persen atau kurang dari Nilai Harian (DV) dianggap rendah sodium, sedangkan makanan yang mengandung 20 persen atau lebih dari DV dianggap tinggi.

4. Tambahkan Banyak Rempah di Masakan

Terakhir, jadikan makanan eksperimen yang menyenangkan dan menarik dengan menguji bumbu dan rempah. Seringkali, keduanya dapat digabungkan untuk menciptakan rasa lezat dan tidak membutuhkan banyak garam. “Gunakan herba, rempah-rempah, dan perasa seperti jeruk, cuka, dan campuran bumbu bebas garam untuk menambah rasa sambil mengurangi garam,” kata Sheth.

Pilihan Editor: Manfaat Diet Rendah Garam Selain untuk Mencegah Penyakit Degeneratif

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."