6 Cara Menghadapi Pasangan Egois

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjalin hubungan asmara dengan pasangan egois terbilang menantang. Sebab dia hanya memikirkan apa yang dia inginkan dan bagaimana dia mendapatkan keuntungan dari sesuatu tanpa mempertimbangkan kebutuhan pasangannya. Berurusan dengan pasangan egois tidaklah mudah, namun sangatlah penting untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut demi menjaga hubungan yang sehat.

Berikut sejumlah cara menghadapi pasangan egois.

1. Komunikasi Terbuka

Mulailah dengan melakukan percakapan yang jujur dan tenang dengan pasangan Anda. Ekspresikan perasaan dan kekhawatiran Anda tanpa menyalahkan atau menuduhnya. Gunakan pernyataan "saya" untuk menyampaikan bagaimana perilakunya memengaruhi Anda.

2. Refleksi Diri

Sebelum mengonfrontasi pasangan Anda, luangkan waktu untuk merenungkan perilaku dan ekspektasi Anda sendiri. Mungkin ada area di mana Anda juga bisa lebih berkompromi atau pengertian. Memahami kontribusi Anda terhadap dinamika hubungan dapat membuat percakapan lebih bermanfaat.

3. Tetapkan Batasan

Anda harus mendefinisikan batasan Anda dengan jelas dan mengomunikasikannya kepada pasangan Anda. Diskusikan apa yang Anda butuhkan dalam hubungan dan di mana Anda tidak mau berkompromi.

Pastikan batasan Anda masuk akal dan adil. Batasan dapat membantu kedua pasangan memahami tanggung jawab dan peran mereka dalam hubungan, dan hal ini dapat mengekang perilaku egois.

4. Carilah Bantuan Profesional

Jika keegoisan pasangan Anda menyebabkan masalah besar dalam pernikahan Anda, pertimbangkan konseling pasangan. Terapis terlatih dapat memberi Anda lingkungan yang netral dan mendukung bagi Anda berdua untuk mengatasi kekhawatiran dan mencari solusi.

5. Mendorong Empati

Bantu pasangan Anda mengembangkan empati dengan mendiskusikan dampak perilaku egoisnya terhadap Anda dan hubungan Anda. Dorong mereka untuk melihat sesuatu dari sudut pandang Anda dan memahami emosi yang Anda alami.

6. Praktikkan Perawatan Diri

Menjaga diri sendiri adalah hal yang penting ketika Anda berhadapan dengan pasangan egois. Fokus pada kesejahteraan Anda sendiri, baik secara fisik maupun emosional. Hal ini dapat mencakup mengejar kepentingan Anda sendiri, memelihara jaringan dukungan, dan mencari konseling individu jika diperlukan.

Pilihan Editor: 5 Tipe Pria yang Tidak akan Memprioritaskan Kamu

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."