Gaya Dian Sastro hingga Cinta Laura Berbalut Busana Hian Tjen di Dewi Fashion Knights JFW 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dian Sastro/Foto: Instagram/Dian Sastro

Dian Sastro/Foto: Instagram/Dian Sastro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pagelaran Jakarta Fashion Week atau JFW 2024 telah usai didgelar yang dipuncaki dengan penampilan para desainer Dewi Fashion Knights (DFK). Pada acara penutup desainer yang tampil ialah Mahija dan Hian Tjen. Sederet selebritis Indonesi menghadiri DFK untuk mendukung Hian Tjen, mulai dari Cinta Laura, Dian Sastro, Marsha Timothy, dan Laura Basuki tampil menawan dengan balutan karya Hian Tjen. 

Dian Sastro tampil etnik berbalut atasan jas potongan asimetris menyerupai beskap dari Hian Tjen yang ia padukan kain corak batik warna cokelat dan perhiasan dari Mahija. Lalu ada Cinta Laura yang tampil chic mengenakan crop top warna putih yang ia padukan dengan padukan palazoo. 

Cinta Laura saat ditemui di acara Dewi Fashion Knight JFW 2024 yang menghadirkan Hian Tjen dan Mahija, Minggu, 29 Oktober 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Sementara itu, aktris Marsha Timothy tampil outstanding dalam balutan outer bertekstur rumbai yang ia padukan dengan palazoo model sporty warna dusty pink. Lalu, ada Laura Basuki yang tampil feminin dan anggun berbalut dress warna putih. 

Tema DFK di malam penutup ialah "The Artistry" – menyoroti para perancang adibusana
dengan tingkat kerumitan pengerjaan tangan yang tinggi. Kesatria pertama untuk lini adibusana adalah Hian Tjen, jenama yang dikenal sejak tahun 2008. Kepiawaian Hian Tjen dalam mengeksplorasi beragam teknik pengerjaan tangan menghadirkan koleksi busana yang memesona dengan sentuhan keanggunan yang kemudian menjadi ciri khas pria ini. 

Laura Basuki saat ditemui di Dewi Fashion Knight Jakarta Fashion Week 2024, Minggu, 29 Oktober 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Berfokus pada koleksi adibusana yang mewah, Hian Tjen menyajikan ekspresi kreativitas yang inovatif. Dengan memusatkan perhatian pada craftsmanship, Hian Tjen bermain dengan detail yang rumit dan siluet feminin nan elegan.

Kesatria kedua untuk lini ini adalah Mahija, jenama perhiasan yang berbasis di Yogyakarta dan didirikan oleh Galuh Anindita. sang desainer memberi perhatian khusus pada eksplorasi penggunaan material kuningan, perak, dan emas yang ditransformasikan menjadi anting, cincin, kalung, hingga hiasan kepala. Hasilnya adalah perhiasan yang unik, beragam, dan berkesan membumi dengan desain dan wujud yang tidak biasa–realis hingga abstrak.

Para Ksatria Dewi Fashion Knights 2024 

DFK 2023 menghadirkan kesatria mode yang dianggap sebagai perancang mode terdepan yang memberi kontribusi besar bagi perkembangan industri mode tanah air dan menentukan arahan tren tahun depan. Dewi Fashion Knights tak terbantahkan menjadi pagelaran puncak yang penuh gegap gempita, menampilkan karya dari talenta mode terbaik Indonesia.

Pemilihan tema DFK setiap tahun mempertimbangkan perkembangan ekosistem mode dan isu terkini. Bagi DFK, temamerupakan sesuatu yang krusial karena menunjukkan sikap DFK dan menjadi tantangan bagi kesatria mode terpilih untuk menerjemahkan hal tersebut. Sementara itu, pemilihan perancang DFK mempertimbangkan konsistensi, karakter, kematangan dalam berkarya, hingga kepiawaian teknik dan kekuatan rancangan.

“Kami ingin menyoroti talenta mode yang kepiawaiannya patut dirayakan di industri fashion Tanah Air. Dewi Fashion Knights 2023 akan menjadi tolok ukur bagi banyak orang dalam melihat karya fashion terbaik di Indonesia saat ini. Kami, para panelis, menilai para kesatria mode terpilih dapat mewakili hal tersebut,” kata Andandika Surasetja.

Tahun ini, Dewi Fashion Knights menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan menampilkan deretan koleksi yang cemerlang dalam dua pagelaran di JFW, yaitu Dewi Fashion Knights - "The Visionary" menampilkan Jan Sober, Rama Dauhan Design Studio, dan Byo pada Sabtu, 28 Oktober 2023 pukul 21.00 dan Dewi Fashion Knights - "The Artistry  mempersembahkan Hian Tje, Mahija pada Minggu, 29 Oktober 2023 pukul 20.00.

Dewi Fashion Knight menjadi pamungkas JFW 2024 yang menghadirkan karya Hian Tjen dan Mahija/Foto: Doc. JFW

Dewi Fashion Knights - "The Visionary" DFK mengangkat tema "The Visionary" berlandaskan pada inovasi serta visi kuat para perancang mode. Pagelaran ini  mengusung tiga perancang lini ready-to-wear dengan visi yang terus berkembang dan semakin mutakhir.

Kesatria pertama di lini ini adalah Jan Sober, yang terus bertransformasi sejak didirikan pada 2009 oleh Jan Angga. Setiap musim, koleksi Jan Sober penuh ketegasan diperkuat dengan detail yang terinspirasi dari cerita, perjalanan, dan pengalaman sang desainer. Jan Sober menghadirkan koleksi menswear yang minimalis, timeless, dan ultramodern.  Rancangannya menarik dan memanjakan mata dengan fokus pada clean and sharp tailoring. 

Kesatria kedua adalah Rama Dauhan Design Studio yang mengakomodasi gaya romantis. Rama Dauhan dikenal dengan karya yang unik dan melawan arus. Permainan pada warna dan motif floral erat kaitannya dengan eksplorasi desain yang dilakukan oleh sang desainer. Namun, kali ini desainer Rama Dauhan melakukan sesuatu yang berbeda dan memuat sesuatu yang sentimental. Kepiawaiannya dalam mengolah detail di setiap koleksi menjadikan karyanya penuh ketelitian. 

Kehadiran Rama Dauhan di Dewi Fashion Knights tahun ini sekaligus merayakan 20 tahun perjalanan karier sang desainer di industri fashion Indonesia. Kesatria ketiga adalah Byo, yang digawangi oleh Tommy Ambiyo. Selama bertahun-tahun, Byo dikenal dengan napas sci-fi futuristic yang estetik, semangat eksperimental, dan teknik modular-handwoven. 

Dewi Fashion Knight menjadi pamungkas JFW 2024 yang menghadirkan karya Hian Tjen dan Mahija/Foto: Doc. JFW

Salah satu hal yang menjadi identitas pada desain tas Byo adalah penggunaan material PVC yang menghadirkan kombinasi pola geometris, kesan quirky, sentuhan translucent, dan permainan warna yang unik. Namun, Byo juga mengeksplorasi batas-batas pada bahan dan menyadari pentingnya penggunaan material yang bertanggung jawab. Caranya adalah dengan memberikan kehidupan baru pada limbah kulit pascaproduksi.

Pada busananya, Byo menghadirkan siluet yang dirancang khusus lengkap dengan konsep sci-fi futuristic. Yang menarik, di pagelaran Dewi Fashion Knights 2023, Byo berinovasi dengan modul baru yang menarik dengan daya tarik fluid, sehingga menjadi lebih wearable. Dewi Fashion Knights - "The Artistry"

Jan Sober, Rama Dauhan Design Studio, Byo, HianTjen, dan Mahija merupakan kesatria
mode yang memiliki keselarasan visi dan misi dengan tema Dewi Fashion Knights 2023 dan tentunya juga dengan Jakarta Fashion Week. Kelimanya akan menyajikan kreasi penuh inspirasi dan banyak kejutan dalam dua pagelaran DFK yang sangat dinantikan.

Pilihan Editor: Perdana Melenggang di JFW 2024, Jenama Plus Size Bigissimo Rilis Koleksi Manifesto

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."