Festival Jajanan Bango 2023 Resmi Dibuka, Berikut Ragam Jajanan beserta Harganya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Festival Jajanan Bango 2023 diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Festival Jajanan Bango 2023 diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Festival Jajanan Bango atau FJB 2023 di Jakarta resmi dibuka hari ini, Jumat, 27 Oktober 2023 hingga Minggu, 29 Oktober 2023. Festival kuliner tahunan yang diselenggarakan Kecap Bango ini menawarkan aneka kuliner khas Indonesia dari hidangan pembuka, makanan utama, hingga hidangan penutup. Bukan cuma memuaskan lidah di FJB 2023, kamu juga bisa berfoto di beberapa spot foto kece dan menonton para penampil di panggung hiburan.

Proses Masuk FJB 2023

Meski tanpa dipungut biaya alias gratis, pastikan kamu sudah registrasi secara daring atau online untuk masuk ke FJB 2023. Caranya dengan scan QR Code yang terdapat di sejumlah papan yang berada di kiri kanan pintu masuk. Nah, QR Code yang kamu dapatkan nanti ditunjukkan kepada petugas. 

Oiya, kamu dilarang merokok, membawa rokok, hewan peliharaan, senjata api atau tajam, narkoba, dan tentunya membawa makanan atau minuman dari luar. Tas kamu juga akan diperiksa oleh petugas keamanan yang berbusana hitam.

Usai QR Code di-scan petugas, kamu akan dipakaikan gelang kertas berwarna hijau bertuliskan Festival Jajanan Bango 2023.

Salah satu spot foto atau video di Festival Jajanan Bango 2023 di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat, 27 Oktober 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Aneka Spot Konten

Di era digital dan konten jadi primadona, FJB 2023 menyediakan aneka spot foto atau video mulai dari tulisan, ruang immersif yang menggambarkan perjalanan Kecap Bango sejak 95 tahun lalu, hingga instalasi botol kecap Bango.

Menyantap Jajanan Dimulai

Jika kamu butuh petunjuk di mana area makanan yang diinginkan, ada peta makanan beserta detail nama penjualnya untuk memudahkan kamu.

Begitu tiba di area stan makanan, kamu akan dibuat bingung hidangan mana dulu yang ingin disantap karena digoda dengan tampilan menggugah selera dan aroma lezat. Di FJB 2023 terdapat delapan tenda stan makanan, dengan jumlah sekitar 11-13 stan makanan di setiap tendanya.

Salah satu tenda tempat makan di Festival Jajanan Bango 2023 di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat, 27 Oktober 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Sama seperti tenda stan makanan, tenda tempat makan juga berjumlah delapan. Di dalamnya terdapat meja dan kursi plastik berjejer rapi, dengan susunan satu meja dan empat kursi plastik hijau tua. Dan, di setiap meja disediakan kecap Bango. Bila kamu membawa kakek-nenek atau anak-anak, sebaiknya mencari tempat duduk dulu untuk mereka demi kenyamanan.

Jika kamu tak kebagian tempat duduk, bisa bersantap dengan posisi berdiri di area stan makanan.

stan kwetiau alas daun khas Pontianak di Festival Jajanan Bango 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Lantas, jajanan apa saja yang ada di sana? Untuk hidangan utama, pilihannya dari kambing bakar cairo sambas, sate dan tongseng Pak H. Budi sejak 1985, soto tangkar dan sate kuah H. Diding, kwetiau alas daun pontianak, kupat tahu gempol bandung sejak 1965, tengkleng klewer bu edi solo, hingga nasi pecel madiun yu gembrot (1942).

Untuk camilan, ada siomay priaji, pisang goreng madu bu nanik, baso aci/cilok madrasah, cuangki bandung mang udin, bakwan udang pontianak mak nga, hingga tahu petis yudhistira.

Stan es kacang tanah pak Much Semarang di Festival Jajanan Bango 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Di tengah cuaca panas terik seperti sekarang, aneka es tradisional juga dijajakan untuk pelepas dahaga saat mengitari area FJB 2023. Mulai dari es kacang tanah pak much semarang, es sinar garut 27, es tebu sari rasa, es pisang ijo pemuda, es duren D'cendes, es cendol bandung, locarasa gelato, hingga es dawet ireng solo.

Bagaimana dengan soal harga? Untuk hidangan utama kisaran di atas Rp40 ribu, camilan dan jajanan es mulai dari Rp25 ribu. Untuk air mineral dibanderol Rp10 ribu, dan teh Rp5 ribu. Pembayaran bisa dilakukan dengan scan QR.

Oiya sebagai informasi, FJB 2023 dihelat di dua kota, yakni Makassar dan Jakarta. FJB di Makassar lebih duli diadakan pada 7 dan 8 Oktober 2023 di Parking Lot Phinisi Point, baru di Jakarta di akhir bulan ini.

Tertarik mengunjungi Festival Jajanan Bango 2023 di akhir pekan esok?

Pilihan Editor: Ada Pameran Kuliner Indonesia di Perhelatan MotoGP Mandalika

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."