Tulis Fiksi atau Biografi, Mana yang Lebih Sulit untuk Dee Lestari?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Dee Lestari pada peluncuran Festival Pustaka Sastra by Tokopedia/Tempo- Mitra Tarigan

Dee Lestari pada peluncuran Festival Pustaka Sastra by Tokopedia/Tempo- Mitra Tarigan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penulis dan penyanyi Dee Lestari terkenal dengan tulisan-tulisan fiksinya yang kerap menjadi best seller. Namun kali ini ternyata Dee Lestari sedang menyiapkan buku biografi sang ayah. "Yang terbaru, aku sedang siapkan biografi ayah untuk pembaca tahun depan," katanya pada peluncuran Festival Pustaka Sastra Tokopedia pada 26 Oktober 2023. 

Ketika ditanya mana yang lebih sulit, ternyata Dee Lestari mengaku lebih sulit menulis cerita fiksi dibanding cerita biografi. "Karena kalau nulis fiksi saya bikin dunianya dari nol, kalau biografi saya menulis dunia yang sudah ada," kata Dee Lestari. 

Ia mengakui, membangun cerita fiksi tetap lebih sulit karena harus membangun cerita yang sebelumnya tidak ada. Sedangkan saat menulis cerita biografi, ia perlu menghidupkan dunia yang sudah ada dengan grafik yang lebih dramatis dari kehidupan nyata.

Dee Lestari pun membagikan beberapa tips untuk menjadi penulis. Dee mengingatkan bahwa penulis akan terus belajar seumur hidup. Sehingga ia menyarankan pada siapapun yang ingin memulai menjadi penulis harus mau terus belajar. "Jangan takut untuk mencoba dan harus mau terus belajar karena nulis tidak ada kata "jago"nya, sampai seumur hidup akan belajar terus," katanya.

Ia juga mengatakan jangan menaruh harapan yang terlalu tinggi dan harus siap dan terima jika mengalami kegagalan karena percobaan pertama tidak selalu langsung berhasil.

Hal yang sama juga diutarakan oleh penulis buku "Jomblo" Adhitya Mulya, yang mengatakan bahwa penulis harus ramah terhadap kritikan dan mau mendengar ulasan orang lain. "Be humble, karena kita nulis kita harus dapat feedback bagus apa tidak, kita harus mau mendengarkan," kata Adhitya.

Selain menyiapkan buku untuk biografi sang ayah, Dee Lestari saat ini pun sedang menyiapkan proyek terbarunya. Menurutnya, dalam waktu dekat akan ada lagu yang siap dia rilis. Lagu itu akan dinyanyikan beberapa penyanyi kondang seperti Andien dan Titi Dj. Ia pun sedang menyiapkan cerita untuk sebuah serial film. 

Pilihan Editor: Mengenang Reza Gunawan, Dee Lestari: Aku Mencintaimu Sebagai Istri dan Murid

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."