Mengulik Perjalanan Karier Titi Kamal Selama 22 Tahun di Industri Film

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Titi Kamal/Foto: Instagram/Titi Kamal

Titi Kamal/Foto: Instagram/Titi Kamal

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTiti Kamal kembali muncul di tayangan layar lebar yang berjudul Air Mata Di Ujung Sejadah. Film yang turut diperankan oleh Citra Kirana dan Fedi Nuril ini mulai tayang di bioskop pada 7 September lalu dan meraih reaksi haru dari penonton.

Air Mata Di Ujung Sajadah menceritakan Aqilla (Titi Kamal) yang berusaha mendapatkan kembali hak asuh anaknya yang telah menghilang selama tujuh tahun. Anak Aqilla sebelumnya dirawat penuh cinta oleh Yumna (Citra Kirana) dan Arif (Fedi Nuril). Yumna dan Arif adalah pasangan yang sulit memiliki anak sehingga keduanya sulit melepas anak angkat mereka kepada Aqilla.

Kurniati Kamalia yang akrab disapa Titi Kamal, adalah artis kelahiran 7 Desember 1981 yang aktif di dunia teater sejak sekolah. Titi Kamal memulai kariernya saat berusia 18 tahun dengan muncul di video musik Puteri oleh Jamrud dan Malam Indah oleh Iwa K.

Titi Kamal mulai muncul di layar kaca dan dunia akting pada film Tregedi (2000) dan mulai terlibat pada film ikonik Indonesia seperti Ada Apa dengan Cinta? (2002, 2014), Eiffel I'm in Love (2003), Sule, Ay Need You (2011), Makmum (2019, 2021), dan yang terbaru di tahun ini, Air Mata Di Ujung Sejadah.

Selain aktif di dunia film, istri Christian Sugiono ini juga mengambil pekerjaan di dunia sinetron, seperti Si Tito dan Nayla (2012), Tukang Ojek Pengkolan (2016), Janji Suci (2019), dan Satu Cinta Dua Hati (2023).

Titi Kamal juga telah masuk ke sejumlah nominasi setelah berkarya di dunia hiburan selama bertahun-tahun. Seperti SCTV Awards 2014 sebagai Aktris Pendamping Paling Ngetop dan Festival Film Wartawan Indonesia 2022 sebagai Aktris Utama Terbaik Genre Horor atas aksinya pada Makmum 2 (2021).

Kini selain berlaga di film dan sinetron, Titi Kamal juga fokus mengurus sepasang anaknya bersama Christian, yaitu Arjuna Zayyan Sugiono dan Kai Attar Sugiono. Kepada Ashanty dalam podcast Ngobrol Asix, Titi selalu membebaskan anaknya untuk berkarier apa saja. "Mereka gak harus ikut jejak orang tuanya, tapi aku dan Tian selalu dukung kebutuhan dan cita-cita mereka."

Pilihan Editor: Fashion Liburan Titi Kamal di Jepang, Dominan Warna-warna Cerah

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."