Ketahui Teknik Pewarnaan Rambut Lowlight, Kebalikan dari Highlight

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Rambut lowlight. Instagram/salondartistes

Rambut lowlight. Instagram/salondartistes

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan pada rambut tanpa harus melakukan pemotongan besar atau perubahan warna dalam proses ganda. Misalnya, teknik pewarnaan rambut seperti balayage, highlight, dan lowlight. Dibanding highlight, lowlight mungkin belum terlalu familiar. Jika kamu juga belum mengetahui detailnya, berikut pemaparan para ahli tentang proses pewarnaan rambut yang kebalikan dari highlight.

Apa itu Lowlight?

Lowlight teknik pewarnaan rambut yang membuat sebagian atau seluruh warna rambut lebih gelap ketimbang warna aslinya,” kata Karissa Schaudt, pewarna di Maxine Salon di Chicago, Amerika, dikutip dari Pop Sugar, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Rambut bisa menjadi terlihat rata, terlalu terang, atau terlalu kasar karena sejumlah alasan, dan lowlight adalah cara terbaik untuk memperbaikinya.

Lowlight bisa sehalus atau setebal yang Anda inginkan. Ahli pewarna rambut atau colorist akan menggunakan foil atau balayage untuk memberi Anda lowlight menggunakan warna setengah permanen.

“Preferensi saya adalah menyorot di sekitar wajah dengan menjaga lowlight di bagian mahkota dan bawah,” kata Schaudt.

Seperti highlight, colorist Anda akan tahu cara membuatnya tampak alami dibandingkan dengan garis-garis atau tebal, menurut Devin Toth, penata rambut di Salon SCK, New York, Amerika.

"Saya pribadi suka tampilan lowlight saat diaplikasikan sebagai babylight: bagus dan lembut. Lebih sedikit lebih baik."

Menurut Schaudt, lowlight dapat membantu mempercantik rambut Anda dengan berbagai cara, tergantung pada tekstur dan jenis rambut alami, seperti menciptakan tampilan lebih tebal pada klien dengan rambut lebih halus atau menambahkan kualitas dimensi pada klien bertekstur.

Perbedaan antara Lowlight dan Highlight

Highlight akan mencerahkan helai rambut tertentu agar kontras dengan warna alami rambut Anda, sedangkan lowlight akan menggelapkan rambut Anda dari aslinya.

Lowlight menambah kedalaman dan dimensi pada rambut,” kata Toth.

"Saat rambut di-highlight berulang-ulang, pada akhirnya akan terlihat pirang total dan kehilangan kedalaman serta dimensinya."

Di salon, penata rambut sering kali menambahkan highlight dan lowlight pada rambut secara bersamaan. Menurut Toth, hal ini disengaja, untuk menciptakan efek yang terlihat lebih natural.

Colorist Anda harus memilih apakah Anda memerlukan salah satu atau keduanya,” kata Schaudt.

Itulah indahnya menemui seorang profesional, Anda tidak perlu terlalu khawatir dalam memilih perawatan warna mana yang terbaik untuk rambut Anda, karena penata rambut Anda akan dapat mengidentifikasi apa yang Anda butuhkan.

Perawatan Lowlight

Seperti halnya perawatan pewarna rambut lainnya, ada sedikit perawatan yang harus dilakukan agar gaya tetap terlihat kece. Selain menggunakan sampo yang aman untuk pewarna, Schaudt menyarankan Anda tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. “Jika Anda adalah klien highlight reguler, Anda mungkin tidak memerlukan lowlight di setiap janji temu, namun konsultasikan dengan pewarna Anda untuk membuat keputusan itu,” katanya.

Pilihan Editor: 5 Sebab Warna Cat Rambut Lebih Cepat Pudar dan Cara Mengatasinya

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."