5 Fakta Menarik Film Sijjin yang Dibintangi Ibrahim Risyad dan Anggika Bolsterli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
(dari kiri) Pemeran Film Sijjin Delia Husein, Ibrahim Risyad, dan Messi Gusti saat kunjungan ke Kantor Tempo di Palmerah, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. Kunjungan tersebut untuk mempromosikan film horor

(dari kiri) Pemeran Film Sijjin Delia Husein, Ibrahim Risyad, dan Messi Gusti saat kunjungan ke Kantor Tempo di Palmerah, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. Kunjungan tersebut untuk mempromosikan film horor "Sijjin" yang diadaptasi dari film horor Turki akan tayang pada 9 November 2023. TEMPO/M Taufan Rengganis

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Sukses dengan film Waktu Maghrib di awal tahun, Rapi Films bekerja sama dengan Sky Media dan Legacy Pictures kembali dengan produksi film horor terbarunya, Sijjin. Teaser trailer film Sijjin yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu ini diluncurkan secara daring melalui kanal-kanal media sosial Rapi Films.

Skenario film Sijjin ditulis oleh Lele Laila yang adaptasi dari film horor Turki berjudul Siccîn dan dibintangi oleh sederet aktor muda, antara lain Anggika Bolsterli, Ibrahim Risyad, Niken Anjani, dan Delia Husein.

Film horor Sijjin telah menciptakan pengalaman menyeramkan bagi para pemainnya, termasuk Delia Hussein dan Ibrahim Risyad, yang memerankan peran penting. Dalam media visit ke redaksi Cantika pada Kamis, 19 Oktober 2023, mereka berbagi pengalaman menegangkan selama proses syuting. 

1. Pengalaman horor Delia Husein dan Ibrahim Risyad

Delia Hussein yang memeranin Wulan di film "Sijjin" menceritakan kejadian mistis saat melakukan proses syuting dan membuatnya merinding. Delia  Husein (Wulan) menceritakan bahwa pada trailer terdapat adegan Ibrahim Risyad (Galang) dikelilingi oleh 12 ibu - ibu yang mengenakan mukena dengan penampilan menyeramkan. 

"Ibrahim tidur di tengah, dikafani lalu yang dikelilingi ibu - ibu . Saat syuting 'ohh ini kita mau take ya' terus asisten sutradaranya menghitung ada 13, sementara ibu sutradara bersikeras kalau ada 12,  asisten sutradara juga bersikeras 13. Lalu cek di monitor ada 1 tempat yang kosong bahkan ada di-trailer nya, jadi ada 1 tempat kosong," ujar Delia Hussein. 

"Sudah gitu orang wardrobe datang bilang kalau dia hanya bawa mukena 12' tapi   asisten sutradara tuh bersikeras. Tapi kami tahu diri sajalah, kita syuting sudah tidak terjadi apa-apa,  gitu," lanjutnya. 

Ibrahim menambahkan kalau tim makeup juga punya peran penting. "Makeup-nya .serem banget sampai bilang 'Ya Allah ini pertama kalinya dalam hidup aku di kafanin nih'. Aku mikirnya tuh kan sekali seumur hidup tuh, pas udah meninggal tapi yah sudah simulasi dulu."

2. Properti tak biasa 

Dalam film Sijjin ini terdapat adegan di mana saat Irma (Anggika Bolsterli) sepupu Galang (Ibrahim Risyad) pergi ke dukun santet untuk menyantet Galang agar suka kepada dirinya. Dalam adegan tersebut terdapat kepala kerbau dan sebuah jantung. "Jantung yang digunakan merupakan jantung bikinan tapi untuk kepala kerbaunya sungguhan," ujar Delia. 

"Saat scene aku, Anggika dan dukun, saat itu dukunnya bilang kalau jantung bikinan tapi makeup-nya yang keren banget seperti asli dan bikin kaget, sih," imbuhnya. 

3.  Pemeran dukun santet mirip dengan di film Siccin.

Delia dan Ibrahim memberitahukan bahwa yang menjadi dukun santet dalam film Sijjin merupakan acting coach mereka dan yang paling mirip dengan dukun santet dari film aslinya. 

"Mirip dia sama dukun yang di Turki, kalau kalian liat fotonya botak di depan saja balakangnya ada rambut, sumpah mirip," ungkap Ibrahim saat menjelaskan kemiripan acting coach mereka dengan pemain dukun aslinya dari Turki. 

" Sebelum syuting, kami disuruh nonton bareng film Siccin yang dari Turki. Nah mirip sama dukunnya, dari kami semua pemeran hanya dia yang mirip," sambung Delia.

4. Messi Gusti yang berlatih menjadi orang buta dan pakai softlens ukuran dewasa

Pemeran Film Sijjin Messi Gusti saat kunjungan ke Kantor Tempo di Palmerah, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. Kunjungan tersebut untuk mempromosikan film horor “Sijjin” yang diadaptasi dari film horor Turki akan tayang pada 9 November 2023. TEMPO/M Taufan Rengganis

Messi Gusti yang menjadi anak Galang dalam film tersebut terlahir dengan bawaan cacat sejak ia lahir, di mana ia mengalami kebutaan.  "Sebelum syuting kan kita ada Latihan, misalnya aku gak bisa lihat nih jadi latihan cara jalan kalau orang yang gak bisa lihat itu gimana sih cara jalannya. Lalu, aku di sini ridak banyak omong paling lebih ke ekspresi saja," ungkap Messi. 

Selama syuting pun ia terus mengenakan softlens putih yang membuatnya nampak seperti orang buta pada umumnya. Ia mengaku kesulitan saat mengenakan softlens tersebut.

"Kan aku enggak bisa melihat jadi harus pakai softlens terus, sedangkan ukuran softlens tersebut itu untuk dewasa, jadi di mata aku itu kebesaran rasanya perih dan suka kayak copot sendiri gitu, tapi kalau dipasang kembali terasa pegel matanya," ujar Messi. 

5. Sijjin menjadi film kelima yang di mainkan oleh Messi Gusti 

Messi memang sering membintangi sederet film terutama genre horor, ia sudah membintangi empat film horor sebelumnya dan film Sijjin ini menjadi film horror kelima. Messi juga menyukai film yang bertema horor. "Aku suka film horor Indonesia," ungkapnya.  

Pilihan Editor: Serial Kejarlah Daku Kau Kutangkap Angkat Isu Pasangan Zaman Now, Dibintangi Anggika Bolsterli

IVANA FELYSITASWATI PALLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."