5 Cara Bisnis Online agar Cepat Untung untuk Pemula, dari Baca Peluang hingga Kekuatan Branding

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ada beberapa ide bisnis online yang menguntungkan. Foto: Pexels

Ada beberapa ide bisnis online yang menguntungkan. Foto: Pexels

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di zaman serba digital seperti sekarang, bisnis secara daring atau online merupakan pilihan usaha yang diminati dan tentunya menghasilkan banyak keuntungan. Berbeda dengan bisnis konvensional, seluruh transaksi jual beli bisnis online melalui internet dan tanpa bertemu langsung. Pembayaran produk pun daring dan praktis, apalagi saat ini cukup banyak metode transaksi online yang bisa dipilih.

Jika Anda berencana membuka bisnis online, berikut ini beberapa tipsnya agar meraih keuntungan dalam waktu singkat. 

1. Riset

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membuka bisnis online adalah riset. Sebenarnya riset adalah langkah penting yang dilakukan sebelum membuka bisnis baik online maupun offline. Anda perlu tahu siapa target pasar dari produk maupun jasa Anda.

Selain itu, Anda juga harus riset bagaimana kekuatan kompetitor, bagaimana bisnis kompetitor berjalan apakah bisa dilakukan dengan baik atau tidak, sehingga Anda bisa menentukan strategi dan langkah selanjutnya dalam membuka bisnis online.

2. Baca Peluang

Tips selanjutnya adalah melihat peluang. Manfaatkan segala hal yang bisa mendatangkan keuntungan. 

Selain itu, Anda juga perlu melihat peluang tersebut apakah bisa menjadi bisnis berkepanjangan atau hanya viral sesaat. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda tahan lama dan tidak hanya sesaat.

3. Mengatur Keuangan dengan Baik

Setelah melihat peluang, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur keuangan. Ketika Anda tahu cara mengatur dan mengelola keuangan yang baik, maka bisnis Anda terjamin sukses.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan modal bisnis yang dilakukan.

4. Rancang Rencana Bisnis

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah membuat rencana bisnis atau business plan. Membuat bisnis plan akan membuat tujua  bisnis lebih jelas. Karena dengan rencana bisnis Anda bisa melihat bagaimana bisnis Anda di masa mendatang.

5. Kekuatan Branding

Langkah terakhir ketika ingin membuka bisnis online adalah pencitraan atau branding. Branding ini sangat diperlukan agar citra bisnis dan produk Anda di masyarakat bagus, sehingga banyak yang merekomendasikan produk Anda.

Pilihan Editor: 6 Cara Memanfaatkan Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Online

KHOLIS KURNIA WATI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."