Rahasia Awet Muda Perempuan Korea, Rajin Minum Teh Barley yang Kaya Antioksidan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Jika Anda bertanya, apa persamaan antara perempuan India dan Korea? Kecintaan mereka pada chai, atau cha sebagaimana orang Korea menyebutnya dan biasa disebut juga teh barley yang berkhasiat menjaga kulit tetap awet muda

Namun meskipun para desi menyukai masala chai mereka, menurut The Korean Mind: Understanding Contemporary Korean Culture oleh Boyé Lafayette De Mente, teh barley adalah salah satu teh yang paling sering disajikan di Korea. Di hampir semua rumah dan restoran, Anda dapat menemukannya sebagai pengganti air.

Setelah minuman teh diperkenalkan ke negara tersebut oleh para biksu Buddha dari Tiongkok, menurut Lafayette, masyarakat Korea telah menjadi penikmat cha, dan teh mereka, lebih dari sekadar minuman, juga dipandang sebagai minuman kesehatan.

Menurut The Korea Herald, harian berbahasa Inggris terkemuka di Seoul, teh barley, yang dikenal sebagai bori-cha dalam bahasa Korea, kaya akan serat dan dikenal karena efeknya yang menghidrasi.

Dr Swapna Priya, konsultan dermatologis, CARE Hospitals, sependapat dengan penilaian tersebut, dan mengatakan bahwa teh barley “kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memberikan beberapa manfaat potensial bagi kulit.”

Apa manfaat minum teh barley?

“Dinikmati karena rasanya yang ringan dan pedas, teh barley sering dikonsumsi panas atau dingin, dan rasanya bisa berbeda-beda tergantung proses pemanggangan dan cara penyeduhannya,” jelas Dr Priya. Ia juga menjelaskan beberapa manfaat meminum teh barley agar kulit tampak awet muda. 

1. Mengandung antioksidan

Teh barley mengandung antioksidan seperti polifenol yang dapat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas berkontribusi terhadap penuaan dini dan kerusakan kulit, dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan mengurangi stres oksidatif.

2. Hidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Teh barley adalah minuman menghidrasi yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih bercahaya.

3. Detoksifikasi

Teh barley dipercaya memiliki sifat detoksifikasi yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Tubuh yang didetoksifikasi dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan berkontribusi pada perbaikan warna kulit.

3. Efek anti-inflamasi

Teh barley mungkin memiliki sifat anti-inflamasi karena adanya senyawa seperti lignan. Mengurangi peradangan dapat membantu mengatasi kondisi kulit tertentu, seperti jerawat atau kemerahan.

4. Potensi untuk meningkatkan pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat seringkali tercermin pada kulit. Teh jelai dikenal dapat mendukung pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus, sehingga berpotensi meningkatkan kesehatan kulit.

Namun, meskipun teh jelai menawarkan manfaat potensial bagi kulit, penting untuk diingat bahwa respons setiap orang dapat berbeda-beda. Mempertahankan pola makan seimbang, hidrasi yang baik, dan rutinitas perawatan kulit yang tepat adalah aspek kunci untuk mencapai dan menjaga kesehatan kulit. Jika Anda memiliki masalah atau kondisi kulit tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Pilihan Editor:  5 Tips Penting untuk Bisa Tetap Awet Muda

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."