Pengalaman Pertama Nadin Amizah jadi Penyanyi Lagu Soundtrack

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nadin Amizah. Foto: Instagram/@cakecain

Nadin Amizah. Foto: Instagram/@cakecain

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Nadin Amizah didapuk menyanyikan lagu tema atau soundtrack serial Gadis Kretek. Untuk serial lima episode yang disutradarai Kamila Andini dan Ifa Isfansyah itu, Nadin membawakan kembali lagu Kala Sang Surya Tenggelam ciptaan Guruh Soekarno Putra. Lagu ini kali pertama dinyanyikan mendiang Chrisye dalam album Sabda Alam (1978).

Mengingat ini pengalaman pertama menyanyikan lagu tema, Nadin mengaku perasaannya campur aduk alias mixed feelings. Ada rasa senang, syukur, suatu kehormatan, hingga tertekan.

"Excitement (penuh semangat) mengisi sebuah soundtrack, lagu ini akan berulang di semua episode. Jadi aku merasa seperti suara aku akan di mana-mana di serial ini. Ada sedikit jiper (takut). Lagunya juga sangat legendaris dan dinyanyikan seorang legenda juga, agak pressure (tekanan) banget. Alhamdulillah proses produksi berjalan lancar," ujar Nadin Amizah dalam konferensi pers "Lagu Tema dan Teaser Terbaru Serial Drama Gadis Kretek" di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 29 September 2023.

Sebelum menyanyikan lagu tersebut, Nadin diberikan kesempatan untuk menonton serial berlatar industri kretek tahun 1960 itu. Dari situ, dia bisa semakin meresapi lagu tema yang akan mengiringi cerita.

"Kebetulan aku sudah nonton serialnya kemarin. Aku jadi tahu cerita ini seperti apa, dan dimensi seperti apa yang harus aku bawakan di lagunya. Menurut aku sebagai musikus, yang menarik dari karya yang dilakukan bersama-sama adalah kepala kita beropini dan saling mengisi," ujar pelantun Tawa itu.

Di lagu tema ini, Nadin menyadari peran dia adalah pengiring suatu karya, bukan sorotan utama ketika dia menyanyikan lagu karyanya.

"Kalau di lagu sendiri, i can take over the stage (saya bisa menjadi sorotan utama). Kalau sebagai soundtrack serial, aku cuma pengiring karya lain. Itu yang harus menjadi pertimbangan aku saat bernyanyi. Itu sangat challenging (menantang). Ini pertama kali dan tahu untuk serial apa, sudah nonton serialnya seperti apa, baru aku nyanyi, itu tantangannya," ujar penyanyi dan penulis lagu 23 tahun itu.

Sebelum bernyanyi, Nadin juga bertanya ke Kamila Andini tentang bagaimana sebaiknya lagu itu didendangkan.

"Aku ngikut mbak Kamila maunya aku bernyanyi dengan tenang, kalem, dan almost (hampir) datar. Ternyata pas udah disambungin sama serialnya, jauh lebih make sense (masuk akal). Jadi, aku tidak overpower the scene (tidak mendominasi adegan serial tersebut)," pungkas Nadin Amizah

Pilihan Editor: Nadin Amizah Rilis Single Baru, Kisahkan Kepedihan Perempuan yang Gelap

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."