6 Tantangan Menikahi Sahabat Sendiri, Ekspektasi Terlalu Tinggi hingga Batasan Bias

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menikahi sahabat sendiri bisa menjadi perjalanan indah yang penuh dengan sejarah bersama, kepercayaan, dan keintiman emosional. Namun, seperti halnya pernikahan pada umumnya, menikah dengan sahabat sendiri juga memiliki serangkaian tantangan unik, yang sebagian besar terkait dengan menyeimbangkan ekspektasi. Berikut beberapa tantangan menikahi sahabat sendiri.

1. Ekspektasi Terlalu Tinggi

Salah satu perjuangan utama dalam menikahi sahabat sendiri adalah tingginya ekspektasi yang mungkin Anda berdua miliki. Anda sangat mengenal satu sama lain, sehingga Anda berdua memiliki banyak harapan untuk memahami setiap kebutuhan dan keinginan Anda tanpa komunikasi.

Ingatlah selalu bahwa sahabat pun tidak bisa membaca pikiran satu sama lain. Kuncinya adalah komunikasi yang terbuka dan jujur.

2. Tidak Ada Misteri

Dalam hubungan romantis, sering kali terdapat unsur misteri dan penemuan. Saat Anda menikahi sahabat sendiri, sebagian dari misteri itu akan memudar, dan Anda mungkin khawatir akan kehilangan gairahnya.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menjaga romansa tetap hidup dengan berkencan secara teratur, menjaga unsur kejutan, dan kegembiraan dalam hubungan Anda.

3. Menyeimbangkan Persahabatan dan Romansa

Mencapai keseimbangan yang tepat antara menjadi pasangan dan teman dapat menjadi sebuah tantangan. Anda mungkin mendapati diri Anda terlalu 'tenggelam' dalam kenyamanan persahabatan dan mengabaikan aspek romantis dalam hubungan Anda.

Berusahalah secara sadar untuk menjaga sisi romantis pernikahan Anda. Rencanakan momen spesial, ungkapkan kasih sayang, dan pertahankan cinta tetap hidup.

4. Batasan Bias saat Konflik

Ketidaksepakatan dan konflik tidak dapat dihindari dalam pernikahan mana pun, namun akan menjadi lebih sulit jika sahabat Anda juga adalah suami Anda. Batasan antara teman dan pasangan bisa bias saat bertengkar. Pelajari cara mengatasi konflik tanpa merusak persahabatan Anda.

5. Mempertahankan Ruang Pribadi

Meskipun menjadi sahabat adalah hal yang menyenangkan, penting juga untuk menjaga identitas dan minat individu. Pastikan Anda berdua memiliki hobi, kehidupan sosial, dan waktu pribadi agar tidak terlalu terikat.

6. Takut Kehilangan Persahabatan

Ada ketakutan jika hubungan romantis gagal, persahabatan akan rusak parah. Untuk mengatasi masalah ini, fokuslah pada membangun landasan kepercayaan yang kuat dan komunikasi terbuka. Diskusikan ketakutan dan kekhawatiran Anda satu sama lain.

Pilihan Editor: Untuk Pengantin Baru, Simak 8 Cara Memperkuat Ikatan Emosional

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."