Kreasi Resep Oat yang Simpel dan Mudah Dibuat, Hanya Butuh Waktu 3 Menit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi oatmeal gurih dengan telur dan sayuran. Unsplash.com/Ke Vin

Ilustrasi oatmeal gurih dengan telur dan sayuran. Unsplash.com/Ke Vin

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaOat utuh mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Nutrisi esensial seperti karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan protein nabati. Nutrisi esensial ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sekaligus menikmati makanan atau camilan yang bergizi.

Dalam pengolahannya oat dibagi menjadi beberapa macam, dikutip dari asian-recipe berikut kreasi resep yang bisa kamu coba. 

1. Oat Groats

Oat Groats juga disebut sebagai "Oat Berries". Oat ini masih dalam bentuk utuh yang berarti dedak, endosperma, dan kuman masih ada meskipun oat telah dikupas dan dibersihkan. Karena kandungan serat dalam jumlah besar sebagian besar terdapat pada dedak, dan dedak masih utuh pada Oat ini. Yang berarti nilai gizi pada oat jenis ini sangat tinggi.

2. Oat Scottish

Oat Scottish adalah jenis oat yang berubah menjadi bubur setelah dimasak sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Waktu memasak biasanya berlangsung sekitar 10 menit di atas kompor saat membuat bubur dan sekitar kurang lebih 3 menit saat menggunakan microwave. Dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memasak bubur panas di atas kompor, atau sekitar 3 menit di dalam microwave.

3. Oat Rolled

Dianggap sebagai salah satu jenis oat yang paling populer yang tersedia di pasaran. Oat ini fleksibel sehingga dapat digunakan dalam bentuk hidangan lain seperti oatmeal, susu oat, granola, snack bar, biskuit, panekuk, dan masih banyak lagi. Oat dikukus kemudian digulung menggunakan rol, lalu diratakan menjadi serpihan-serpihan dan kemudian dikeringkan.

Oatmeal yang menggunakan gandum gulung adalah yang paling umum dan waktu memasaknya sekitar 5 hingga 20 menit bila menggunakan kompor dan sekitar 2-5 menit bila menggunakan microwave.

4. Oat Irish

Gandum dipotong lebih kecil karena semakin besar potongannya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat oat ini agar benar-benar matang. Waktu memasak oat Irish membutuhkan waktu sekitar 25 hingga 30 menit, namun ada juga oat Irish cepat saji yang tersedia di pasaran yang sudah disiapkan dan sudah dapat dimakan hanya dalam waktu 5-7 menit.

5. Quick Oats

Yang satu ini mungkin merupakan oat yang paling terkenal dan umum digunakan saat ini. Ini mungkin sama dengan oat rolled, namun digulung menjadi serpihan yang lebih tipis. Selain itu, proses pengukusannya memakan waktu lebih lama dari biasanya sehingga memungkinkan air terserap dengan cepat, sehingga oat ini lebih cepat matang dibandingkan dengan oat lainnya. Waktu memasak oat cepat biasanya memakan waktu sekitar 1 hingga 3 menit.

Pilihan Editor: Ketahui Manfaat Oat untuk Kulit Kering dan Sensitif

YOLANDA AGNE | DWI ARYANTO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."