Mengulik Kafe Hidden Gems Roemah Ratan di Yogyakarta, Serasa Pulang ke Rumah Nenek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Roemah Ratan, salah satu kafe hidden gem di Yogyakarta yang menawarkan vibes seperti di rumah nenek/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Roemah Ratan, salah satu kafe hidden gem di Yogyakarta yang menawarkan vibes seperti di rumah nenek/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Fenomena wisata hidden gems atau surga tersembunyi agaknya semakin menjadi tren pasca-pandemi. Hampir setiap kota memiliki hidden gem masing-masing, begitu pula dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Para pengunjung akan dimanjakan dengan ragam hidden gems yang bikin suasana hangat dan selalu ingin kembali pulang ke rumah. Semakin sempit atau tersembunyi semakin dicari. 

Salah satu hidden gems yang dikunjungi Cantika Review ialah Roemah Ratan yang terletak di Jalan Arjuna No. 11, Wirobrajan. Pertama kali mendatangi sempat bingung cari tempatnya, sebab memang secara look serupa dengan rumah warga lainnya. Begitu masuk ke halaman atau ratan dalam bahasa Jawanya, rasanya seperti pulang ke rumah nenek sendiri. 

Roemah Ratan, salah satu kafe hidden gem di Yogyakarta yang menawarkan vibes seperti di rumah nenek/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Cantika dimanjakan oleh pemandangan rumah klasik bercat putih dengan nuansa hijau sage dan jendela khas rumah Jawa, sementara di depannya terdapat beberapa pohon kepal yang rindang. Tak berhenti sampai di sana, begitu masuk ke dalam ruang tamu masih lengkap terdapat meja, kursi, dan lemari kayu. Ornamen benda lawas semakin membuat ruang tamu ini begitu klasik. Masuk ke kirim, masuk terdapat area dengann konsep ruang keluarga yang cocok untuk berkumpul bersama teman-teman. 

Bagian dapur modelnya open kitchen atau dapur terbuka yang lengkap dengan meja menaruh toples dengan aneka isian rempah-rempah. Para pengunjung juga bisa berinteraksi dengan barista di Roemah Ratan. Nah bagi kalian yang ingin mengetik atau bekerja juga terdapat meja panjang yang langsung menghadap ke halaman, bisa-bisa gagal fokus dengan pemandangan yang syahdu, 

Salah satu Barista, Aan mengatakan jika vibes yang ingin dihadirkan ialah suasana yang hangat dan tidak terlalu ramai serta jauh dari kebisingan, seperti asal namanya Ratan yakni jalan lapang atau halaman.  "Bisa bikin pengunjung betah dari siang sampai malam karena tidak terasa seperti rumah nenek, kita kan merasa nyaman kalau sedang pulang ke kampung halaman. Kalau rumah orang tua zaman dulu kebanyakan luas-luas," ucapnya kepada Cantika, Senin, 11 September 2023. 

Roemah Ratan, salah satu kafe hidden gem di Yogyakarta yang menawarkan vibes seperti di rumah nenek/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Empon-empon jadi Minuman Andalan 

Salah satu menu andalan Roemah Ratan berupa empon-empon komplet yang hangat dan menyegarkan tubuh/Foto: Doc. Roemah Ratan

Walau banyak kedai yang menyajikan kopi sebagai primadona, di Roemah Ratan justru out the box karena mereka punya empon-empon sebagai minuman andalan. Empon-empon tanpa akar yang terdiri dari kunyit, kencur, jahe, temulawak, bunga lawang, serai, jeruk nipis tersebut dicampur dengan air panas dan gula aren, baru disajikan di teko dan gelas kecil. 

Rasanya? Jangan ditanya selain unik karena mencampur berbagai empon-empon, tidak pahit khas rempah tetapi segar karena ada campuran serai dan legit dengan gula arennya. Cocok sekali untuk menyegarkan tubuh yang lelah dan dinikmati sore hari usah beraktivitas seharian. 

Selain empon-empon, minuman favorit lainnya ialah cokelat, sebab olahan cokelatnya langsung disupplai oleh petani cokelat dari Purworejo sehingga mereka tidak pakai cokelat pabrikan. Rasnya lebih light dan hint cokelat-nya terasa terus after taste. "Teman-teman kami dapat kakao langsung dari Purworejo, jadi kami racik sendiri sebelum disajikan ke pemesan," tambah dia. Begitu pula dengan biji kopi single origin juga disupplai dari Purworejo. 

Soal harga, jangan ditanya mereka masih mematok dengan harga Jogja mulai dari Rp.10 ribu rupiah para pengunjung bisa menikmati minuman atau camilan kesukaan mereka. Bagaimana, tertarik memasukkan ke daftar tujuan Sahabat Cantika kalau berkunjung ke Yogyakarta? 

Pilihan Editor: Liburan Sekolah, Yuk Berburu Hidden Gems yang Semakin Diminati

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."