Sempat Alami Trust Issue, Begini Cara Maizura Membangun Kepercayaan Kembali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maizura. TEMPO/Febri Angga Palguna

Maizura. TEMPO/Febri Angga Palguna

IKLAN

Support System Berperan Besar bagi Maizura

Dalam proses lebih mengenal diri sendiri, Maizura menyadari bahwa banyak orang yang sayang dan tulus mendukungnya. Hanya mereka tidak tampak selama ini karena dia menutup diri.

"Di situlah baru kelihatan orang-orang yang tulus. Mereka sudah ada dari awal, cuma akunya aja yang takut, aku terlalu menutup diri. Ketika aku belajar membuka hati mengizinkan cinta dari orang-orang itu masuk, ternyata hidup begitu indah, lebih berwarna, dan ternyata banyak sekali cinta yang aku punya dalam hidup ini," tutur pelantun Denganmu itu.

Dengan kekuatan cinta dari sistem pendukungnya, Maizura baru 'lahir' dan semangat berkarya kembali.

"Setelah aku berproses, aku menemukan diri aku yang sebenarnya. Di situ juga, aku mengerti mau aku apa di musik. Jadi, kayak aku mau menulis lagu sendiri tahun ini setelah hiatus beberapa bulan. Lagu Denganmu itu didedikasikan untuk orang-orang yang mencintai aku tanpa syarat yang aku hargai," jelasnya.

Saat ditanya siapa saja sistem pendukung atau support system-nya di masa menemukan kembali semangatnya, Maizura menyebut orang tua di urutan pertama.

Meski dia kini tinggal jauh dari orang tuanya, dia memiliki ikatan yang kuat dengan mereka dan selalu terbuka untuk segala hal. “Dari awal, mereka sangat percaya sama aku. Mereka entah kenapa selalu yakin sama apa pun yang aku lakukan dalam hidup. Mereka enggak pernah takut," katanya.

Sedari kecil, Mai senantiasa dilihat sebagai orang dewasa, meski dia anak perempuan satu-satunya. Setelah membuka diri, dia semakin bersyukur bahwa orang tua selalu ada dan menerima dia apa adanya. “Dan, mereka selalu di sana enggak menghakimi aku,” katanya.

Selain orang tua, Maizura juga menyebut sahabat dan timnya bagian dari lingkaran kekuatannya.

Maizura berbincang dengan redaksi saat mengunjungi gedung Tempo di Palmerah, Jakarta, Selasa, 12 September 2023. Maizura baru meluncurkan single terbaru berjudul 'Denganmu' yang merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Maizura Semakin Mengenal Diri Lewat Buku, Meditasi, dan Afirmasi

Selain dihujani cinta dari sistem pendukung, Maizura semakin mengenal dan mengembangkan diri dengan membaca beragam buku. Dia juga mulai meditasi tahun 2022. Sejak saat itu, dia merasa lebih bersyukur. 

Maizura juga tak pernah lupa memberi afirmasi kepada dirinya sendiri di depan cermin.

“Tiap hari aku selalu kasih kata-kata afirmasi ke diri sendiri. Itu yang dulu aku lupa. Banyak sekali pikiran yang tidak benar, tapi selalu terulang. Ketika bisa mindful, saat ada pikiran negatif, aku sadar itu kebiasaan aku selama ini yang enggak baik dan harus diubah,” ujarnya.

Maizura melatih pikirannya. Bagi dia, pikiran dan otak sangat kuat dan bisa mengubah diri.

"Aku selalu mengulang di depan cermin ‘Kamu cukup baik. Kamu cantik. Kamu unik, dan itu yang membuat kamu spesial.’ “Dulu aku merasa berbeda dan (berbeda) itu bukan hal yang baik. tapi sekarang aku belajar menerima diri. Aku unik, aku punya perspektif sendiri dalam hidup. Awalnya berat karena seperti bohong, tapi lama-lama aku jadi percaya," pungkas Maizura.

Pilihan Editor: Alya Zurayya Cerita Inspirasi Lagu Semoga Harimu Baik, Berawal dari Afirmasi Positif di Medsos

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."