Tak Bisa Hindari Makanan Manis, Raisa Mencegahnya dengan Cara Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Raisa Andriana/Foto: Instagram/Raisa Andriana

Raisa Andriana/Foto: Instagram/Raisa Andriana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan manis memang menggoda bagi banyak orang, rasanya ada yang berbeda jika sehari tidak mengonsumsi gula. Begitu pula dengan penyanyi Raisa yang mengaku menyukai makanan manis. 

Padahal, menurut Ketua Pengurus Besar PDGI, Dokter Gigi Usman Sumantri mengatakan jika sisa makanan atau minuman manis pada gigi menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat. Bakteri ini memfermentasi sisa karbohidrat pada gigi menjadi asam, dan membuat lapisan gigi lebih rentan berlubang. 

Oleh sebab itu, Raisa pun menyadari konsekuensi saat mengonsumsi makanan manis tidak boleh berlebihan. Efek gula bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, tetapi juga pengaruh ke gigi jadi cepat berlubang. 

"Kaya misalnya dalam sehari aku sudah merasa konsumsi gula hari itu sudah banyak makanya aku coba setop dan sikat gigi, kebiasaan itu juga bukan aku yang jalani tetapi juga kasih contoh ke anak aku," ucap Raisa saat ditemui di acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional, Selasa, 12 September 2023 di Yogyakarta. 

Sebab, menurut Raisa, orang tua menjadi role model yang berpengaruh bagi kebiasaan anak termasuk menyikat gigi. "Selain itu juga kalau sering makan makanan manis harus menyikat gigi setelah mengonsumsinya," imbuh Raisa. 

Tahukah Anda, menurut studi yang disampaikan Pepsodent saat seseorang mengonsumsi 1-2 porsi minuman berpemanis setiap hari, maka risiko gigi berlubang meningkat hingga 31 persen. Kita tentu tidak bisa sepenuhnya menghindari gula karena fungsinya sebagai sumber energi dan pendorong fungsi kerja otak, tapi konsumsinya harus dibarengi perilaku menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur, dan rutin berkonsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Faktanya, hanya 2,8 persen masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat. Kesadaran untuk berkunjung ke dokter gigi juga masih sangat rendah, di mana 95,5 persen masyarakat Indonesia mengaku tidak pernah ke dokter gigi selama setahun. Artinya, kebiasaan menyikat gigi yang tepat masih perlu ditanamkan, disertai akses layanan kesehatan gigi dan mulut yang lebih merata. 

Pilihan Editor: Raisa dan Hamish Daud Ungkap Putrinya Boleh Makan Es Krim dan Cokelat, Asal ...

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."