Review Film Sleep Call, Angkat Isu Kesehatan Mental Generasi Milenial dan Gen Z

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Film Sleep Call dibintangi Laura Basuki dan Bio One. Dok. IDN Pictures

Film Sleep Call dibintangi Laura Basuki dan Bio One. Dok. IDN Pictures

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - IDN Pictures mengeluarkan karya terbarunya yang bertajuk Film Sleep Call, film dengan genre suspense thriller arahan sutradara Fajar Nugros. Film ini mengambil tema yang relate dengan kehidupan generasi milenial dan gen Z, yaitu sleep call dan kesehatan mental.

Sleep call adalah istilah kekinian yang digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas panggilan telepon sepanjang malam oleh pasangan hingga keduanya tertidur. Biasanya, sleep call dilakukan oleh pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh (LDR). 

Film ini diperankan oleh Laura Basuki, Juan Bione Subiantoro (Bio One), Kristo Immanuel, Bront Palarae, Jenny Zhang, Della Dartyan, Dhimas Danang, dan Nada Suwandi, serta Rachel Vennya. 

Sinopsis

Film Sleep Call mengisahkan tokoh bernama Dina (Laura Basuki) yang menghadapi banyak ujian kehidupan. Mulai dari terpaksa harus bekerja di perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal hingga hubungan yang rumit antar teman sekantornya. Ditambah lagi, latar belakang keluarga yang memilukan, yang membuat sang Ibu (Jenny  Zhang) harus dirawat di rumah sakit jiwa. 

Seluruh masalah hidupnya tersebut ia ceritakan pada teman di kehidupan mayanya, yaitu teman dari aplikasi kencan online, Rama (Bio One). Hal ini Dina lakukan karena ia merasa kesepian dan tidak punya teman nyata untuk berbagi cerita. Terlebih lagi, hubungan percintaannya di kehidupan nyata sangat menyakitkan.

Ternyata, kebiasaan ini membuat Dina semakin kecanduan hingga ia tidak bisa memisahkan lagi mana kehidupan nyatanya, mana yang hanya merupakan halusinasinya saja. Pada akhirnya, banyak tragedi yang tidak diinginkan terjadi di kehidupannya. 

Angkat Isu Kesehatan Mental

Tekanan yang berasal dari masalah kehidupan yang bertubi-tubi membuat stres hingga rasa kesepian melanda, mengakibatkan kesehatan mental terganggu. Isu kesehatan mental ini sedang populer di kalangan milenial dan gen Z di Indonesia. Sleep Call mengajak para penontonnya perhatian dengan isu kesehatan mental karena dapat berpengaruh negatif bila tidak ditangani secara serius. 

Terjerat Hutang Pinjol Berdampak Bahaya

Platform pinjaman online (pinjol) sangat dekat dengan kehidupan para milenial dan gen Z. Banyak kejadian yang melibatkan seseorang terjerat hutang pinjol hingga hartanya tergerus habis serta melakukan hal-hal diluar batas. Hal inilah yang dialami oleh Dina, yang juga memiliki hutang pinjol sehingga harus bekerja di salah satu perusahaan pinjol ilegal demi melunasi hutangnya. 

Dalam pekerjaaannya ini, tenyata memaksa Dina menagih hutang para peminjam dengan cara apapun. Mulai dari mengancam hingga menyebarkan identitas pribadi. 

Karakter yang Relate dengan Bumbu Komedi

Latar cerita yang diangkat adalah tentang kehidupan perkantoran di kota besar. Karakter-karakter karyawan di film ini juga mengambil dari sifat-sifat seseorang yang ada di kehidupan nyata. Mulai dari karyawan yang taat agama, nakal, kutu buku, tidak punya teman, ambisius, galak, dan lain-lain. 

Walau film ini bergenre thriller, namun ada bumbu-bumbu komedi yang meringankan ketegangan selama film diputar. Komedi yang ditonjolkan juga sanga relate dengan kehidupan sehari-hari dan tidak berlebihan. 

Dalam konferensi pers Sleep Call di kawasan Jakarta, Rabu (6/9/2023), Susanti Dewi, produser film ini mengatakan bahwa ia ingin membuat film yang relate dan dekat dengan kehidupan generasi muda jaman sekarang. 

Totalitas Akting Laura Basuki 

Genre suspense thriller merupakan yang pertama dibinangi oleh Laura Basuki. Biasanya, ia banyak membintang film drama dan adaptasi, serta romansa. Sleep Call sukses menunjukkan kualitas akting Laura Basuki yang memainkan karakter Dina, yang hidupnya sangar rumit, bahkan kesehatan mentalnya harus terganggu. 

Penonton dapat merasakan tekanan yang dialami Dina mulai dari rasa sedih, kecewa, galau, bingung, bimbang, dan kemarahan. Dalam konferensi pers, Laura Basuki juga mengatakan bahwa karakter Dina adalah karakter paling kompleks yang ia pernah mainkan. 

Sinematografi yang Memanjakan Mata

Untuk jenis film suspense thriller, Sleep Call menyuguhkan sinematografi yang memanjakan mata, dengan banyak bermain di nuansa warna keunguan. Ada juga warna-warna yang membawa kehangatan sehingga nyaman untuk ditonton. Biasanya, genre thriller disuguhkan dengan warna yang cenderung gelap dan suram. 

Pakaian yang digunakan juga stylish, tidak berlebihan, dan begitu pas dengan masing-masing karakter. Detail inilah yang juga menjadikan Sleep Call film yang mencerminkan kehidupan sehari-hari generasi milenial dan gen Z. 

Sleep Call keseluruhan menjadi tontonan yang apik dan unik, serta plot twist yang masuk akal. Film ini menciptakan nuansa baru dan segar di dunia perfilman lokal, dimana genre horror sedang mendominasi layar sinema di Indonesia. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."