Bikin Waktu Berkualitas dengan Anak Gunakan Gadget, Ini Saran Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Talkshow Redmi Pad SE: Ciptakan Momen SEru SEkeluarga 7 September 2023 di Jakarta / Cantika.com-Mitra Tarigan

Talkshow Redmi Pad SE: Ciptakan Momen SEru SEkeluarga 7 September 2023 di Jakarta / Cantika.com-Mitra Tarigan

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAnak semakin terlihat sangat dekat hubungannya dengan gadget. Tak jarang orang tua menyuguhkan gadget ketika sedang di restoran, atau sedang di tempat umum agar anak bisa diam dan tenang. Hal itu terkadang membuat anak lebih fokus pada dunianya sendiri dan kurang berinteraksi. Bermain gadget terlalu lama pun bisa mengakibatkan anak terbiasa dengan gaya hidup sedentari sehingga tidak bergerak dalam waktu yang lama. 

Berbagai dampak itu kerap membuat banyak pula orang tua yang mencoba menjauhkan gadget dengan si buah hati. Psikolog Anak dan Keluarga Saskhya Aulia Prima menyarankan beberapa hal kepada orang tua dalam mengelola penggunaan gadget di era modern. "Kalau tujuannya quality time, harus ada interaksi antara anak dan orang tua," kata Saskhya pada konferensi pers pada Kamis 7 September 2023. 

Interaksi bisa tetap dibangun walau anak cukup sering menggunakan gadget. Orang tua, kata Saskhya, diharapkan untuk ikut menonton apa yang ditonton anak-anak. Sehingga orang tua bisa langsung menyeleksi apakah tontonannya bermanfaat atau tidak. 

Setelah nonton bersama, Saskhya menyarankan agar para orang tua berdikusi tentang tontonan si anak kepada buah hati. "Kita bisa diskusikan bersama soal si tokoh dalam film itu," kata Saskhya. 

Bila digunakan dengan benar, gadget pun bisa menjadi perangkat yang membuat anak bergerak. "Hal utama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih jenis tontonannya. Misal mencari tema untuk bisa berjoget dengan kontennya," kata Saskhya.

Saskhya menambahkan salah satu cara untuk mendukung momen keluarga dengan lebih maksimal kita bisa memanfaatkan peran teknologi, salah satunya adalah tablet. Dengan tablet, keluarga dapat berbagi pengalaman, belajar bersama, dan menjalani momen berkualitas di era digital ini. "Namun, penting untuk menjaga keseimbangan penggunaan teknologi dengan interaksi langsung, sehingga teknologi menjadi alat yang memperkaya momen berkualitas dengan keluarga, bukan untuk menggantikan,” katanya.

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia Rendy Tonggo mengatakan Redmi Pad SE dari Xiaomi Indonesia bisa memperkaya setiap momen berkualitas sekeluarga di era digital ini. Tablet inovatif ini bukan hanya sebuah perangkat, tetapi juga sarana yang memungkinkan keluarga untuk menikmati pengalaman multimedia, belajar bersama, dan bermain dengan lebih mendalam. "Dengan rangkaian fitur yang mumpuni, Redmi Pad SE membawa kualitas hiburan dan interaksi keluarga ke tingkat baru, menjadikannya pilihan ideal untuk menjalani momen seru bersama yang tak terlupakan," kata Rendy Tonggo, Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia.

Redmi Pad SE dirancang untuk memberikan pengalaman hiburan yang maksimal bagi seluruh anggota keluarga di rumah. Tablet ini menghadirkan layar 11" FHD+ yang luas dengan 16,7 juta warna cerah untuk kualitas visual yang memukau, serta quad speaker Dolby Atmos untuk pengalaman audio-visual terbaik. Tablet ini juga dilengkapi dengan headphone jack 3.5mm untuk momen me-time yang lebih optimal, sementara baterai 8.000 mAh yang tahan lama memastikan momen hiburan yang berkesan.

Pilihan Editor: Dibesarkan dalam Keluarga Disfungsional, 5 Perilaku Ini Dinormalisasikan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."