Intip 7 Karya Desainer Indonesia yang akan Melenggang di New York Fashion Week The Shows

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Karya tujuh desainer dan jenama fashion Indonesia yang akan dipresentasikan di New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024 di Spring Studios, New York, Amerika Serikat, pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

Karya tujuh desainer dan jenama fashion Indonesia yang akan dipresentasikan di New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024 di Spring Studios, New York, Amerika Serikat, pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

IKLAN

4. Merdi Sihombing - Ulos

Di panggung NYFW musim ini, desainer Merdi Sihombing akan menampilkan karya terbaru yang mencerminkan komitmennya terhadap praktik fashion berkelanjutan dan kecintaannya pada budaya Indonesia. Melalui koleksi sarat budaya Batak yang berjudul “Ulos”, Merdi Sihombing memberikan pilihan etis dan ramah lingkungan melalui karya fashion kontemporer yang memadukan pola ulos tradisional dengan inspirasi street style modern. Koleksi ini menawarkan desain yang segar, cerah, dan ringan, dengan nuansa Tribal yang kuat. 

Busana rancangan Merdi Sihombing yang dipamerkan di New York Fashion Week The Shows Spring Summer 2023/2024 pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

Wastra yang menjadi sorotan koleksi ini merupakan pengembangan kain tenun ulos dengan motif-motif ikat dari beberapa jenis ulos yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin (ATBM), menggunakan serat alami Indonesia, proses pewarnaan alami, dan semangat kolaborasi berbagai komunitas.

Untuk memperkuat nuansa modern street style, koleksi “Ulos” ini juga dipadukan kemeja berwarna putih yang ditenun dari benang hasil daur ulang sampah plastik. Aksesoris pun dibuat dari daur ulang kaca, kabel listrik, peniti, dan limbah kerang. Koleksi sepatu dari Linda Chandra melengkapi koleksi ini.

5. Ikat Indonesia Didiet Maulana - Wiron

IKAT Indonesia by Didiet Maulana untuk kali pertama tampil di NYFW The Shows dengan mengusung koleksi bertema “Wiron” yang diambil dari kata Wiru dalam bahasa Jawa berarti lipatan-lipatan kecil memanjang bersusun pada kain.

Koleksi Ikat Indonesia by Didiet Maulana yang akan dipamerkan di New York Fashion Week The Shows Spring Summer 2023/2024 pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

Keberagaman siluet busana tradisional Indonesia diaplikasikan dalam detail pleats atau lipatan pada kain yang terinspirasi dari teknik wiron serta desain dengan siluet yang anggun dan modern, seperti long vest, wrap dress, wrap skirt, long coat, lightweight trench coat, dan dilengkapi koleksi baju renang dengan motif tenun Ikat Indonesia. 

Keseluruhan koleksi ini mewakili kedinamisan gerak anak muda dan siluet baru sebagai simbolisasi wanita Indonesia yang optimis dan energik. Terinspirasi dari warna-warna tropis pemandangan alam Indonesia, koleksi ini menampilkan permainan warna seperti nutshell, fondant pink, dan cyber lime yang bernuansa vibrant, energik, dan harmonis, namun tetap membumi.

5. Ivan Gunawan - Maharani

Desainer Ivan Gunawan mengibarkan semangat menuju Indonesia Emas 2045 yang telah dicanangkan pemerintah ke mata dunia, melalui koleksi bertajuk “Maharani” untuk gelaran NYFW. Koleksi yang terdiri dari 12 rancangan gemerlap serba keemasan ini terinspirasi dari masa keemasan kerajaan Majapahit ketika dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi, ratu yang berhasil menaklukkan Nusantara.

Inspirasi tersebut ditransformasi menjadi gaun-gaun malam adibusana yang berkarakter glamor, tampilan karpet merah atau red carpet look, dan seksi.

(dari kiri) Desainer Ivan Gunawan bersama model yang mengenakan koleksi busana rancangannya yang akan dipamerkan di New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024 pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

Elemen pakaian ratu Majapahit seperti kemben dan stagen yang pas badan diterjemahkan menjadi bustier maillot, atau terusan korset (bathing suit), yang saat ini semakin populer dan dikenakan oleh sejumlah diva musik hingga selebriti. Bustier maillot dipadankan dengan pilihan gaun panjang atau cape dress transparan, celana palazzo dan blus berlengan puffy, serta rok ruffle.

Desain koleksi ini diciptakan timeless dan kaya detail yang dekoratif, seperti ornamentasi kristal, embroidery, hingga fringe. Setelah 20 tahun berkarya, ini kali pertama Ivan Gunawan menciptakan motif bahan lace sendiri yang digunakan dalam koleksi ini, yaitu motif Kipas Renjana (renjana: cinta kasih, gairah, dan rindu) dan motif Pakis Suvarna (suvarana: emas). 

7. Kimberly Tandra - Plethora

NYFW tahun ini merupakan kali ketiga desainer asal Surabaya, Kimberly Tandra menampilkan rancangannya. Melalui jenama SUEDESON by Kimberly Tandra, desainer termuda pada sesi show ini akan menampilkan koleksi busana couture dan ready-to wear berjudul “Plethora” untuk menunjukkan keberagaman bunga tropis Indonesia ke kancah internasional.

(dari kiri) Desainer Kimberly Tandra bersama model yang mengenakan koleksi busana rancangannya yang akan dipamerkan di New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024 pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

Bunga tropis tersebut meliputi bunga sepatu dan bunga anggrek bulan yang beragam warna cerah sebagai identitas dari jenama ini. Untuk merealisasikan motif bunga anggrek dan kembang sepatu pada koleksi busana ini, Kimberly Tandra bekerja sama dengan pengrajin tekstil di Indonesia dalam mengaplikasikan teknik bordir, payet, dan teknik batik cap. 

Pada kesempatan ini, Kimberly Tandra berkolaborasi dengan jenama Mandy’s Shoes yang akan mengeluarkan koleksi sepatu bertema “The Dream Collection” yang memadukan keanggunan, kenyamanan, dan gaya yang tak lekang oleh waktu melalui berbagai model  sepatu, seperti bot, sepatu hak tinggi, dan wedges

Indonesia Now berkomitmen untuk mengusung kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional. Hal menarik dari musim ini adalah setiap desainer yang berpartisipasi tidak hanya memprioritaskan tampilan visual dan desain dari koleksinya, tetapi juga memikirkan isu-isu sosial yang ada di industri fashion dunia dan berpartisipasi dalam mencari solusinya.

Desainer dan jenama lokal yang akan mempresentasikan karyanya di New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024 di Spring Studios, New York, Amerika Serikat, pada Rabu, 13 September 2023. Foto: Dok. IFC

Karya desainer dan jenama fashion Indonesia yang bersanding dengan karya dari seluruh dunia membuktikan bahwa potensi kreativitas dan standar kualitas dari pelaku industri fashion di tanah air semakin diterima oleh pasar global. Optimisme ini menjadi langkah strategis untuk melebarkan pangsa pasar produk fashion Indonesia di mancanegara. 

Dalam pelaksaan kegiatan ini, Indonesia Now mendapatkan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amerika Serikat, SEMAJA Restaurant, Artisan Pro, Yayasan Dunia Mega Bintang, DEO Entertainment, CAS Production, Redberry, Memulai Cerita, Stanouts, dan Indah Aini Makeup Artist

Mengenal Indonesia Now

Indonesia Now adalah sebuah komunitas yang digiatkan oleh beberapa desainer di Indonesia, di mana koleksi seluruh desainernya telah ditampilkan di fashion event terkemuka. Sempat dikenal dengan nama Indonesian Diversity dan kini berganti nama menjadi Indonesia Now. Pertama kali berpartisipasi di New York Fashion Week 2018, Indonesia Now konsisten menampilkan koleksi dari desainer terbaik Indonesia, seperti Vivi Zubedi, Dian Pelangi, Barli Asmara, Julianto, Kimberly Tandra, Alleira Batik, Coreta Louise, Heaven Lights, Priyo Oktaviano, dan lain sebagainya. 

Indonesia Now memiliki jaringan khusus di industri fashion global sehingga menghadirkan peluang nyata bagi para desainer dan jenama fashion Indonesia Indonesia yang ingin mewujudkan cita-citanya. Bergabung dengan Indonesia Now memberikan akses dalam memperluas jangkauan merek dan penjualan di pasar internasional.

Pilihan Editor: Mendag Zulkifli Hasan Dukung 7 Brand Fashion yang Akan Melenggang di New York Fashion Week

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."