Ketahui Skiatika yang Membuat Adele Terjatuh saat Manggung di Las Vegas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Adele saat tampil di festival American Express Presents BST Hyde Park, London, Inggris, Jumat 1 Juli 2022. Instagram.com/@adeleaccess

Adele saat tampil di festival American Express Presents BST Hyde Park, London, Inggris, Jumat 1 Juli 2022. Instagram.com/@adeleaccess

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Adele mengungkapkan bahwa dia pingsan di belakang panggung selama residensi atau jadwal manggung di Las Vegas setelah menderita penyakit tulang belakang yang parah atau skiatika. 

Selama konser baru-baru ini sebagai bagian dari residensi “Weekends with Adele” di The Colosseum di Caesars Palace, pelantun "Easy on Me", mengatakan kepada penggemar bahwa dia terjatuh dan tidak bisa bergerak karena serangan linu panggul atau skiatika

Kondisi ini disebabkan oleh rasa sakit yang menjalar dari saraf skiatik, menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri yang luar biasa pada kaki dan punggung bagian bawah.

 “Mereka mengangkat seluruh tubuh saya dari lantai,” jelas Adele kepada penonton, menurut The Sun. “Saya akan duduk dan mengistirahatkan penyakit linu panggul saya," ucap perempuan 35 tahun ini. 

Musisi tersebut sebelumnya berterus terang kepada penggemarnya tentang beberapa masalah kesehatan yang menurutnya memengaruhi kemampuannya untuk bergerak di atas panggung.

Saat tampil di Malam Tahun Baru, dia tertatih-tatih melintasi panggung, memberi tahu penggemar bahwa dia menderita sakit punggung kronis dan linu panggul. "Saya harus berjalan tertatih-tatih akhir-akhir ini karena saya menderita linu panggul yang sangat parah," katanya saat itu.

Adele kemudian menjelaskan bahwa dia tampil dengan cakram yang bermasalah di tulang belakangnya. "Apakah orang lain seusia saya mulai mengalami sakit lutut, saya menderita linu panggul yang sangat parah di kaki kiri saya dan cakram saya tidak lagi menempel di sana. Sudah aus," katanya pada bulan Februari lalu.

Saraf pada vertebra L5, jelas Klinik Cleveland, memberikan sensasi pada sisi luar tungkai bawah, bagian atas kaki, dan ruang antara jari kaki pertama dan kedua. Saraf tulang belakang L5 yang tertekan, menurut Sistem Kesehatan Mayo Clinic, menyebabkan linu panggul, yang dapat menyebabkan nyeri fisik, mati rasa, dan kelemahan.

Selama wawancara pada bulan September 2022, Adele memberi tahu Elle bahwa dia "menyelipkan L6-nya pada Januari 2021, ketika putranya Angelo melompat keluar untuk menakutinya saat dia keluar dari kamar mandi."

Namun, seperti yang dia katakan kepada majalah The Face dalam wawancara pada November 2021, masalah punggungnya berasal dari masa remajanya.

"Aku menyelipkan cakram pertamaku saat berusia 15 tahun karena bersin. Aku sedang di tempat tidur dan aku bersin dan cakram kelimaku terbang keluar. Pada bulan Januari, aku menyelipkan cakram keenamku, L6 milikku. Lalu saat aku menjalani operasi caesar, cakramku inti tidak ada gunanya,' jelasnya saat itu.

Adele menambahkan bahwa dia telah "menderita rasa sakit" pada punggungnya selama sekitar separuh hidupnya, dan rasa sakit itu akan "meningkat" ketika dia stres atau duduk dengan postur yang buruk. Namun hal itu berubah ketika dia mulai rutin berolahraga.

“Ketika perut saya kuat, turun ke bawah, yang belum pernah saya alami sebelumnya, punggung saya tidak terlalu terangkat,” tambahnya. "Itu berarti saya bisa berbuat lebih banyak, saya bisa lebih sering berlarian dengan anak saya."

Nyeri Punggung yang Menjalar ke Kaki

Skiatika merupakan salah satu gangguan medis berupa rasa nyeri yang dimulai dari punggung bawah dan dapat menjalar ke kaki. Rasa nyeri ini diakibatkan adanya penekanan pada saraf skiatika di panggul hingga dapat terasa hingga ke daerah kaki dan dapat menyebabkan kelemahan otot. 

Sebagai informasi, nyeri skiatika yang khas bersifat radiasi (radiating pain) seperti aliran listrik sehingga penderita merasakan kesemutan dan dilanjutkan dengan rasa nyeri. Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching, dan exercise lainnya. 

Nyeri skiatika dirasakan pada beberapa orang dewasa. Skiatika berawal dari saraf sciatic yang merupakan saraf besar yang terletak di daerah punggung bawah hingga kaki. Saraf ini melahirkan cabang-cabang kecil dan melekat pada otot sekitar bokong hingga kaki sebagai respon sensorik dan motorik. 

Pilihan Editor:

Adele Kenang Kisah Hidup dan Persahabatannya dengan James Corden

PEOPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."