6 Latihan Sederhana Ini Membantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak perempuan melompat. Foto: Freepik.com

Ilustrasi anak perempuan melompat. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ponsel, dan layar komputer sepertinya telah mengunci anak-anak kita akhir-akhir ini. Waktu bermain dan aktivitas fisik lainnya telah dikesampingkan akhir-akhir ini. Tanpa aktivitas sama sekali, perkembangan keseluruhan anak-anak menurun. Jika kita berbicara tentang tinggi badan anak, meskipun genetika memiliki peran besar dalam hal ini, ada beberapa latihan sederhana yang membantu anak tumbuh lebih tinggi. Aktivitas fisik seperti olahraga tak hanya meningkatkan kesejahteraan mental anak, juga memperkuat tulang dan otot mereka. 

1. Latihan Peregangan

Peregangan membantu meningkatkan kelenturan dan mempertahankan postur tubuh yang baik dan dapat berkontribusi pada peningkatan tinggi badan. Anak-anak mungkin tidak suka melakukan peregangan, karena sulit dan lebih sulit lagi bagi mereka yang melakukannya untuk kali pertama.

Anda dapat memudahkan mereka melakukan latihan ini dengan memulai dari yang sederhana seperti peregangan dengan sentuhan jari kaki, peregangan cobra, peregangan Kucing-Sapi, dan peregangan Hamstring.

2. Berenang

Berenang melibatkan berbagai gerakan yang melibatkan berbagai kelompok otot. Ini juga membantu memperbaiki postur tubuh, koordinasi, dan kapasitas paru-paru, yang dapat membantu pertumbuhan secara keseluruhan.

3. Melompat

Anak-anak suka melompat dari sini ke sana, jadi mengapa tidak menggunakan keterampilan ini sebagai sarana untuk menambah tinggi badan? Dipercayai bahwa aktivitas yang melibatkan lompat dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Beberapa kegiatan lompat yang umum adalah lompat jack, dan lompat tali.

4. Yoga

Selain meningkatkan ketenangan mental, yoga direkomendasikan untuk semua anak karena mempromosikan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan inti. Ajari anak Anda pose yoga umum seperti pose pohon, pose cobra, dan pose segitiga. Ini dapat membantu meregangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh.

5. Bersepeda

Bersepeda adalah latihan kardiovaskular berdampak rendah yang membantu memperkuat otot kaki dan meningkatkan kesehatan tulang. Bersepeda juga ramah lingkungan dan karenanya merupakan keterampilan yang baik untuk dipelajari anak-anak. Anda juga dapat bersepeda bersama anak Anda dan menemani mereka.

6. Latihan Gantung

Jika Anda memiliki pohon besar di dekatnya, bawa anak Anda ke sana dan minta mereka melakukan beberapa latihan dengan bergelantungan di dahan pohon. Aktivitas yang melibatkan menggantung di palang, seperti palang monyet atau palang pull-up, dapat membantu mendekompresi tulang belakang dan meningkatkan postur tubuh yang sehat.

Pilihan Editor: 10 Rekomendasi Susu Penambah Tinggi Badan untuk Anak dan Remaja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."