5 Tips Fashion Muslim Saat Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Deenay - Fleur Army/Tokopedia

Deenay - Fleur Army/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaCuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia saat musim kemarau. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hal ini merupakan siklus yang terjadi setiap tahun akibat gerak semu matahari. Cuaca panas tentunya juga mempengaruhi gaya berpakaian, terlebih di era pascapandemi dimana masyarakat mulai berkegiatan di luar rumah. 

“Memasuki pascapandemi (data semester I 2023 dibandingkan semester II 2022), Tokopedia melihat Fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris. Kategori produk Fashion mencakup beragam turunan, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Pria dan Fashion Anak,” kata Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 18 Agustus 2023.

Menurut data World Population Review (2021) Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia. Melihat kondisi itu, Aldhy dan tim terus berupaya menjadi platform yang inklusif, yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan masyarakat termasuk akan produk fashion muslim. "Khususnya untuk menghadapi cuaca panas seperti saat ini,” tambah Aldhy. 

Tokopedia melalui Aldhy pun membagikan tips styling produk fashion muslim untuk menghadapi cuaca panas. Simak 5 tips styling fashion muslim di musim panas.

1. Pilih bahan yang nyaman, utamakan serat alami

Masyarakat disarankan memilih bahan pakaian yang senyaman mungkin, khususnya ketika menghadapi cuaca panas. Utamakan pakaian berbahan serat alam, misalnya linen atau katun. Material tersebut memiliki kemampuan ‘bernapas’ karena sirkulasi udara mudah masuk melalui pori-pori material sehingga memberikan rasa adem dan nyaman saat digunakan.

Ria Miranda - Wara Top/Tokopedia

“Animo masyarakat belanja produk fashion muslim sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, produk baju muslim berbahan katun dan linen mengalami peningkatan transaksi hampir 2,5 kali lipat melalui Tokopedia,” kata Aldhy.

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan berbagai produk fashion muslim berbahan katun dan linen adalah Ria Miranda. “Dalam menghadirkan produk, Ria Miranda mengedepankan kenyamanan. Kami pun menggunakan material yang terbuat dari serat alami agar masyarakat bisa berkegiatan dengan nyaman bahkan saat cuaca panas,” ungkap Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari.

2. Pakai warna pastel untuk memantulkan panas

“Warna putih dan pastel sangat ideal digunakan saat cuaca panas karena dapat memantulkan cahaya matahari. Selain itu, warna pastel juga bisa membuat penampilan terlihat lebih segar,” jelas Aldhy. 

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk fashion muslim dengan warna pastel dari pelaku usaha lokal. “Selain cocok digunakan saat musim panas karena bahannya yang dingin, warna-warna pastel yang digabungkan dengan cutting modern memberikan kesan modis dan kekinian. Kami menyediakan berbagai pilihan pakaian dengan warna pastel yang nyaman dan cocok untuk berbagai kegiatan,” kata Founder Kami., Istafiana Candarini.

3. Gunakan pakaian yang longgar untuk perlancar sirkulasi udara

Pakaian yang longgar atau loose sangat cocok untuk cuaca panas. “Dengan menggunakan pakaian longgar, sirkulasi udara dapat berlangsung dengan baik dan menciptakan rasa sejuk serta nyaman dibandingkan saat menggunakan pakaian yang ketat seperti jeans,” ujar Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan beragam pilihan produk fashion muslim dengan desain yang longgar seperti atasan dan bawahan maupun baju koko dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, Shafira. “Shafira selalu mengutamakan kenyamanan pengguna. Setiap produk fashion muslim untuk wanita maupun pria menggunakan desain yang simple, stylish dan memakai bahan berkualitas tinggi sehingga dapat memberikan rasa nyaman saat dipakai untuk berkegiatan,” jelas Digital Sales Lead, Willy Harnawan.

4. Pilih hijab berbahan ringan dan berpori

Bahan hijab sangat penting diperhatikan karena menjadi salah satu pakaian yang langsung terkena sinar matahari saat berkegiatan di luar. “Pilih bahan hijab dengan tekstur yang ringan supaya lebih mudah diatur serta berpori. Siapkan pula hijab ekstra saat berkegiatan di luar untuk mengganti hijab akibat keringat ketika cuaca panas,” ujar Aldhy.

Deenay - Fleur Army/Tokopedia

Masyarakat pun bisa mendapatkan berbagai pilihan hijab dengan bahan yang nyaman dari pelaku usaha lokal seperti Deenay. “Deenay menghadirkan produk hijab dengan material terbaik di kelasnya. Kami juga menghadirkan berbagai pilihan warna menarik dengan beragam desain yang memberikan kesan unik agar para perempuan bisa percaya diri contohnya koleksi ‘Rose-Pixel Bloom’ yang merupakan hasil kolaborasi Deenay dengan Syagini Ratna Wulan yang tersedia secara eksklusif di Tokopedia,” kata Founder Deenay, Trini Midiati

5. Pakai terusan supaya dapat lebih mudah bergerak

Pakaian terusan atau dress bisa menjadi pilihan yang tepat khususnya saat cuaca panas agar lebih bebas bergerak. “Masyarakat juga bisa memadukan dress atau terusan dengan cardigan atau outerwear dengan bahan yang tidak terlalu tebal supaya tetap nyaman,” saran Aldhy.

Lozy - Minee Outer/Tokopedia

Salah satu contoh pelaku usaha lokal yang menawarkan beragam produk fashion muslim seperti dress dan outerwear adalah Lozy. “Di Lozy, masyarakat bisa menemukan berbagai pilihan produk fashion muslim dengan desain dan model yang modern serta kekinian mulai dari outerwear, blouse dan dress yang sangat cocok digunakan khususnya saat cuaca panas,” ujar Owner Lozy, Andesni Hirda Putri.

Aldhy mengatakan timnya berkolaborasi dengan sederet pelaku usaha fashion muslim dalam menggelar kampanye Muslim Fash Forward pada 21 Agustus-10 September 2023. "Kampanye ini berisi sederet produk fashion muslim untuk wanita, pria dan anak, dengan berbagai promo menarik, serta berbagai promo eksklusif dari brand fashion terkurasi,” kata Aldhy.

“Muslim Fash Forward juga sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeros), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), dimana kami ingin membantu pelaku usaha di Indonesia menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo termasuk Tokopedia,” kata Aldhy.

Pilihan Editor: Sereal dan Bubur Bayi Jadi Produk Paling Laku di Tokopedia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."