5 Film Tema Kebangsaan di Netflix, dari Soekarno hingga Kadet 1947

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Film Soekarno. Foto: Netflix

Film Soekarno. Foto: Netflix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyambut peringatan 78 tahun Indonesia merdeka, pada esok hari, Kamis, 17 Agustus 2023 tak lepas dari perjuangan dari para tokoh yang berjuang di masanya untuk Tanah Air tercinta. Begitu banyak pencapaian yang telah dirintis oleh tokoh-tokoh dengan kiprahnya masing-masing. Perjuangan mereka di zaman yang berbeda dengan rintangan berat termasuk menaklukkan penjajahan sepatutnya membuat kita tergerak untuk mengisi kemerdekaan dengan berarti. Untuk semakin membuat jiwa nasionalisme kita bergelora dalam menyambut Hari Kemerdekaan, simak lima film tema kebangsaan berikut yang tayang di layanan streaming Netflix

1. Soekarno

Dimulai dari kisah Soekarno muda di tahun 1920-an, drama biografi tentang presiden pertama Indonesia ini mengangkat perjuangan nasionalismenya dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang yang membuat ia berkali-kali mendekam dalam penjara dan pengasingan.

Film ini disutradarai Hanung Bramantyo dan dibintangi antara lain oleh Ario Bayu sebagai Soekarno, Lukman Sardi, serta Maudy Koesnaedi.

Soekarno meraih 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2014 dan berhasil mendapatkan empat Piala Citra, untuk Tika Bravani sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Editing Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

2. Buya Hamka Vol. 1

Film biografi dari sutradara Fajar Bustomi ini mengangkat kisah cendekiawan muslim ternama Buya Hamka (Vino G. Bastian) mulai dari asal-usulnya yang sederhana di Sumatera Barat hingga pencapaian politiknya. Babak demi babak kisah hidupnya dipaparkan, antara lain menjadi tokoh utama penggerak organisasi Muhammadiyah, menjalani karier di bidang jurnalistik, hingga terlibat dalam proses politik di masa genting untuk mengakhiri penjajahan.

Film yang akan mulai tayang di Netflix pada 17 Agustus ini turut menampilkan deretan aktor ternama seperti Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Teuku Rifku Wikana, Verdi Solaiman, Marthino Lio, Reza Rahadian, hingga Mathias Muchus.

3. Kadet 1947

Film Kadet 1947. Foto: Netflix

Berlatar waktu setelah Perang Dunia II, sekelompok pemuda Angkatan Udara Indonesia menjalani misi rahasia melancarkan serangan udara untuk pertama kalinya kepada tentara Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Diangkat dari kisah nyata, film Kadet 1947 meraih tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia 2022 dan mendapatkan Piala Citra untuk Penata Rias Terbaik serta dinobatkan sebagai Film Terbaik dalam JAFF Indonesian Screen Awards 2021.

4. Kartini

Film Kartini. Foto: Netflix

Kartini bercerita mengenai seorang gadis keturunan ningrat yang berjuang melawan tradisi dan berusaha sekuat tenaga meningkatkan akses pendidikan perempuan di awal tahun 1900-an.

Dengan tokoh emansipasi perempuan Indonesia sebagai karakter utama, Kartini memimpin perolehan nominasi FFI 2017 dalam 14 kategori, termasuk Film Terbaik, dan berhasil meraih Piala Citra bagi Christine Hakim sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Film karya Hanung Bramantyo ini menampilkan sederet aktris ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, dan Adinia Wirasti.

5. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Pada abad ke-17, raja ketiga Kerajaan Mataram yaitu Sultan Agung Mataram harus menghadapi permasalahan hati sekaligus memimpin rakyatnya melewati pergolakan di kepulauan Indonesia. Dalam upayanya menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai-berai oleh politik VOC, sang sultan yang gagah berani juga harus berhadapan dengan berbagai pengkhianatan dan tetap melindungi rakyatnya.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dibintangi Ario Bayu, Adinia Wirasti, Putri Marino, Marthino Lio, dan Teuku Rifnu Wikana.

Mari sambut Hari Kemerdekaan Indonesia dengan meresapi perjuangan para tokoh di atas lewat film yang tayang di Netflix.

Pilihan Editor: 5 Film Spesial untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Ala Migo

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."