4 Penyebab Trust Issue dalam Hubungan, Konflik Orang Tua hingga Pengkhianatan di Masa Lalu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rasa percaya adalah fondasi dalam hubungan apa pun termasuk asmara. Jadi, jika Anda sulit percaya dengan pasangan atau trust issue dapat berdampak buruk dalam hubungan. Bisa dibilang suasana hubungan asmara akan jauh dari kata sehat. Trust issue dapat menyebabkan terlalu banyak berpikir dan merusak ruang komunikasi. Meski demikian, jika hal itu yang sedang Anda alami, cobalah menggali lebih dalam dan menemukan penyebab trust issue dalam hubungan.

"Trust issue dapat terwujud dalam banyak cara dan memengaruhi hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri dan orang lain. Pengalaman masa kecil memainkan peran utama dalam kemampuan Anda untuk memercayai orang-orang di sekitar Anda (dimulai dari orang tua Anda). Dimungkinkan juga untuk mengembangkan masalah kepercayaan sebagai orang dewasa berdasarkan pengalaman negatif (misalnya pengkhianatan dari teman, pasangan, tempat kerja, atau institusi)," jelas terapis hubungan Sadaf Siddiqi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penyebab trust issue dalam hubungan

1. Konflik Orang Tua

Ketika dibesarkan dalam rumah yang disfungsional, maka seseorang tumbuh di sekitar kekacauan dan konflik. Keluarga-keluarga ini juga mencerminkan hubungan disfungsional antara anggota. Ketika tumbuh dewasa, anak dari keluarga disfungsional mungkin sangat sulit untuk mempercayai pasangan dalam hubungan dewasa.

2. Penolakan Sosial

Ketika seseorang tumbuh dengan perasaan ditolak dan dikhianati oleh keluarga dan teman, maka dia mulai percaya bahwa hal yang sama akan terulang dalam hubungan dan persahabatan.

3. Gaya Keterikatan

Ketika seseorang mengembangkan gaya keterikatan yang tidak aman, maka dia berjuang untuk percaya bahwa orang-orang di sekitarnya aman untuk dirinya,

4. Pengkhianatan di Hubungan Masa Lalu

Ketika menghadapi pengkhianatan dalam hubungan masa lalu, maka orang tersebut berjuang untuk mempercayai masa kini sebagai cara untuk menyelamatkan diri sendiri. Walhasil, hal tersebut menjadi salah satu penyebab trust issue dalam hubungan.

Pilihan Editor: 5 Alasan Mengapa Tak Perlu Mengorek Masa Lalu Pasangan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."