Cerita Melanie Putria Suka Lari Gara-Gara Baby Blues

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Melanie Putria/Jenius

Melanie Putria/Jenius

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter sekaligus pecinta lari Melanie Putria menceritakan awal kisahnya ketika mencoba berlari. Melanie mengatakan kesenangannya pada dunia lari berawal ketika dia mengalami baby blues. 

Ia mengatakan sindrom baby blues yang dia alami terjadi pada 2011. Ia tahu betul, bila mengalah pada sindrom itu ia bisa mengalami depresi. Depresi bisa membuat si bayi cedera, atau bisa juga menyakiti sang ibu. "Ini adalah masalah besar dan masih dianggap enteng sama orang," katanya pada gelaran Pocari Sweat Run 2023 30 Juli 2023. 

Melanie menyadari hormonnya kala itu tidak stabil. "Hormon yang flluktuatif dan tidak bisa kita handle itu membuat ibu kehilangan kendali atas dirinya," katanya. 

Pasca melahirkan, Melanie merasa minder. Ia tidak percaya diri karena memiliki tubuh yang membesar, ia pun merasa dirinya tidak cantik. 

6 bulan pasca melahirkan, Melanie memutuskan untuk mencoba menurunkan berat badannya. Ia kembali ke pusat kebugaran dengan niat untuk berolahraga. Kala itu pun ia belum mengenal kegiatan lari, ia bahkan membencinya. 

Sayang ketika kembali ke gym, ia malah diejek. "Begitu balik ke gym, trainer aku bilang 'ngapain kulkas dua pintu balik ke gym?'," kata Melanie. 

Ejekan mungkin terdengar ringan bagi orang normal. Namun karena ia sedang mengalami baby blues Melanie Putria kala itu merasa sangat sedih. "Mungkin bagi orang normal 'ah baper banget digituin'. Tapi bagi orang baby blues, enggak bisa, rasanya tuh sedih banget," katanya. 

Ketika itu, Melanie merasa kariernya sudah habis. Ia bahkan merasa sudah tidak berdaya lagi. "Kedengerannya sekarang sepele, tapi dulu luar biasa sediihnya. Anak nangis saya ikut nangis, enggak tahu harus apa," katanya. 

Dalam kondisi terpuruk itu, ia pun melihat komunitas lari di Jakarta. Dalam unggahannya di media sosial, para pelari itu terlihat sangat bahagia. Melanie pun mencoba olahraga lari. Tak disangka Melanie menikmati kegiatan itu. 

Saat berlari, Melanie merasa lebih bahagia. "Akhirnya saya jatuh cintanya sampai sekarang sama lari, karena merasa punya utang budi sama lari," kata Melanie yang dengan senang hati ingin membagikan kebahagiannya itu kepada teman-teman di Indonesia. 

Kegiatan berlari yang dilakukan Melanie Putria masih berlanjut hingga saat ini. Ia telah mengikuti berbagai ajang marathon dunia, seperti di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago dan New York. 

Pilihan Editor: Melanie Putria bagi Tips Olahraga saat Puasa, Ubah Waktu dan Jogging Ringan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."