Persiapan Voice of Baceprot Tur Perdana ke Amerika, dari Latihan, Stok Mi hingga Busana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Voice of Baceprot. Foto: Instagram/@voiceofbaceprot

Voice of Baceprot. Foto: Instagram/@voiceofbaceprot

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Band musik rock metal, Voice of Baceprot (VoB) bakal menghelat tur konser di Amerika Serikat pada Agustus 2023. Ini merupakan tur perdana bagi Euis Siti Aisyah (penggebuk drum alias drummer), Firda Marsya Kurnia (gitaris dan vokalis), dan Widi Rahmawati (basis) di negeri Paman Sam. Tur bertajuk "Restas: American Tour 2023" tersebut akan dihelat di 11 kota, dimulai dari Los Angeles pada 3 Agustus 2023.

Dikutip dari unggahan di media sosialnya pada awal Juni silam, grup yang digawangi tiga perempuan asal Garut, Jawa Barat, itu juga dijadwalkan manggung di Las Vegas pada 5 Agustus, lalu Pasadena pada 6 Agustus untuk tampil di Head in the Clouds.

Kota lain yang mereka sambangi adalah Chicago, Detroit, Pittsburgh, hingga Boston. Widi, Firda, dan Euis juga bakal manggung di New York, kemudian Washington. Rangkaian tur berakhir dengan pertunjukan di Oakland pada 18 Agustus, serta konser di San Diego pada 19 Agustus 2023. 

Dilihat dari jadwal yang padat, ketiga perempuan berhijab itu tak menampik mereka telah melakukan sederet persiapan sejak beberapa bulan lalu.

"Latihan sudah dari beberapa bulan lalu, tim juga. Untuk kelengkapan, ini tur Amerika kita yang pertama, kita belum mengenal medannya secara langsung. Bener-bener persiapannya," tutur Firda di Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juli 2023.

Dia lalu mengisahkan sepertinya mereka lebih banyak menghabiskan waktu di bus setelah manggung, mengingat mereka harus berpindah dari satu kota ke kota lain. Tak ada waktu untuk sejenak plesiran atau tidur di hotel

"Jadwalnya padat, jadi kemungkinan kita banyak menghabiskan hari-hari kita di bus. Di bus, turun manggung, naik lagi (ke bus) pindah kota. Ga ada waktu untuk leha-leha dulu kayak di hotel," tuturnya.

Wajib Bawa Cabai, Mi, dan Penyedap

Selain rutin latihan dan persiapan fisik untuk tampil optimal, VoB tak lupa menyiapkan panganan favorit untuk menjaga stamina selama di Amerika. Ketiganya kompak menyebutkan mi, cabai, dan penyedap adalah makanan yang wajib menemani mereka saat bepergian.

"Karena kami belum tahu di sana gimana, cuaca, makanan juga belum tentu cocok. Kita stok mi, dan cabai. Cabai yang wajib dibawa mulai dari yang bubuk, chili oil (minyak cabai), kentang, semuanya gak boleh ketinggalan," ujar Firda.

"Sama penyedap yang bikin makanan gurih karena biasanya makan roti dipakein cabai bubuk," sambungnya. "Karena (makan roti) rasanya hambar," timpal Widi. Dan, diikuti anggukan oleh Euis.

Baca juga: Hari Perempuan Sedunia, Ini Kisah Voice of Baceprot Patahkan Stereotip Wanita

Busana Ada Sentuhan Nusantara

Bicara soal tampilan busananya di 11 kota di Amerika nanti, VoB belum bisa memastikan rincinya karena mereka pun belum sempat mengepas busana alias fitting. Yang bisa mereka pastikan adalah warna busana tetap dominan warna hitam dan ada sentuhan wastra Nusantara. 

"Dari tim kita mempersiapkan ada sentuhan wastra nusantara, tapi kami belum sempat fitting karena jadwal ga napas (padat)," ujar Firda.

"Belajar dari dua tahun kemarin, tur pertama dan kedua, kita memang selalu busana (sentuhan) Nusantara. yang pertama salah satunya ada tenun bulu dari Garut. Yang kedua, ada kain songket, lebih banyak, gak cuma Garut doang," lanjutnya.

Penampilan mereka dengan sentuhan kain tradisional Indonesia itu berhasil memikat para penonton maupun media. Mereka antusias bertanya tentang jenis dan asal kain.

"Karena secara tampilan pun, kita belum main (manggung) pake busana ini dah menarik perhatian orang. Banyak yang tertarik, media-media. Buat mereka ini hal baru," kata Widi.

Rilis Album Perdana di Juli 2023

Sebelum bertolak ke Amerika, Voice of Baceprot bakal merilis album penuh perdananya. Sebelumnya, grup yang terbentuk 2014 itu sudah merilis album mini (EP) ataupun single. Proses pembuatan album sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Menurut mereka bertiga, proses rekaman dilakukan di dalam negeri, sementara untuk mixing dan mastering di luar negeri.

Pilihan Editor: Cerita Terbentuknya Grup Voice of Baceprot, Berawal dari Ekstrakurikuler Teater

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."