6 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tertawa terbahak-bahak. shutterstock.com

Ilustrasi wanita tertawa terbahak-bahak. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di tengah kepadatan aktivitas dan rutinitas, jangan lupa untuk tertawa. Mengapa? Sebab tertawa punya segundang manfaat untuk kesehatan. Manfaat tertawa pertama dan utama, dari sudut pandang fisiologis, tertawa memicu pelepasan endorfin, zat kimia alami tubuh yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal itu tentunya berdampak baik meningkatkan suasana hati secara instan dan mengurangi stres serta kecemasan.

Menurut para ahli kesehatan, tertawa juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah, mengurangi tekanan darah dan meningkatkan oksigenasi. Hal itu turut melatih otot-otot diafragma dan daerah perut.

Penelitian juga mengatakan bahwa menerapkan sedikit tawa ke dalam kehidupan kerja dapat berkontribusi pada produktivitas, dan semakin memperkuat ikatan di tempat kerja, menurut Sanjeev Jain, Managing Director at Akums and Drugs Pharmaceuticals, India.

"Baru-baru ini, tawa dan humor telah digunakan sebagai teknik dalam terapi perilaku kognitif untuk menyehatkan fisik, psikologis, dan hubungan sosial, sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup," tutur Jain seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis, 22 Juni 2023.

"Ada juga latihan pikiran/tubuh alternatif yang didasarkan pada konsep ini, yang disebut yoga tawa, yang semakin populer di seluruh negeri dan dunia. Latihan ini merupakan kombinasi dari latihan tertawa dan pernapasan yoga, yang sering dilakukan secara berkelompok," lanjutnya.

Hasil dari latihan tersebut, menurut Jain, telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam emosi positif dan pengurangan gejala stres dan kecemasan serta peningkatan kualitas tidur.

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tertawa yang tak boleh diabaikan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh serta antibodi pelawan infeksi. Tertawa juga menstimulasi sistem limfatik dan membantu tubuh membuang limbah dan racun dari jaringan tubuh.

2. Menurunkan Stres

Tertawa juga dapat mendorong rasa sejahtera secara keseluruhan dengan merangsang keluarnya hormon penghilang stres seperti epinefrin dan dopamin. Tertawa yang baik dan hangat juga memberikan oksigen pada tubuh dan memberikan pelepasan fisik dan emosional; membuat otot-otot menjadi lebih rileks setelahnya.

3.  Menyehatkan Jantung

Manfaat tertawa berikutnya adalah meningkatkan detak jantung dan jumlah oksigen dalam darah Anda. Tertawa merupakan olahraga yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan seperti halnya berjalan kaki selama satu jam di pagi hari. Ini memompa jantung dan merelaksasi pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

4. Membakar Kalori

Efek samping yang umum dari stres kronis adalah penambahan berat badan. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkapkan bahwa tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari dapat membakar 10 hingga 40 kalori dan mengurangi hormon stres yang menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Merasa Lebih Baik

Lelucon yang bagus, film yang lucu, atau sekadar melihat sesuatu yang konyol dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit dan membuat Anda merasa lebih baik, setidaknya untuk sementara waktu. Tertawa dapat mengalihkan perhatian dari situasi yang penuh tekanan dan memberikan waktu bagi otak Anda untuk beristirahat dari rasa khawatir.

6. Memperkuat Ikatan

Tertawa menghubungkan kita dengan orang lain. Kebanyakan orang menemukan bahwa tertawa itu menular. Tertawa bersama dengan teman, keluarga, atau rekan kerja dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dengan orang tersebut dan membentuk ikatan yang kuat dan langgeng.

Tertawa memiliki kemampuan yang tak boleh diabaikan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan emosional kita. Ini benar-benar sumber daya yang luar biasa untuk mengatasi tantangan dan merangkul kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Pilihan Editor: Alasan Mengapa Tertawa Bisa Mengurangi Stres, Menurut Penelitian 

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."