Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi madu. Freepik.com

Ilustrasi madu. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMadu adalah bahan alami yang menawarkan banyak manfaat bagi kulit dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai perawatan kecantikan karena sifatnya yang melembapkan, menenangkan, dan antibakteri. Bukan cuma itu manfaat madu, para ahli perawatan kulit dan kecantikan mengatakan bahwa ketika dioleskan secara topikal, madu dapat menyehatkan dan menghidrasi kulit termasuk kulit wajah. Madu juga menjadikan kulit lembut dan kenyal karena berfungsi sebagai humektan, mempertahankan kelembapan yang bermanfaat bagi kulit kering atau dehidrasi.

Madu juga memiliki sifat antioksidan alami, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, sifat antibakteri madu dapat membantu melawan jerawat dan kelainan kulit lainnya dengan mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Pengganti gula ini dapat digunakan sebagai masker wajah alami, pembersih, atau perawatan noda untuk mengatasi berbagai masalah kulit, dan baik digunakan sendiri maupun dikombinasikan dengan bahan lain. Bisa dibilang madu adalah obat perawatan kulit yang serbaguna dan efektif yang dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan.

"Madu adalah sumber daya alami yang berharga yang memiliki keunggulan luar biasa untuk kulit Anda. Kelezatan keemasan yang mengagumkan ini dapat memberikan keajaiban bagi regimen kosmetik Anda selain menjadi tambahan yang menyenangkan untuk kreasi kuliner Anda," tutur Monis Siddiqui, Pendiri dan CEO FSAS Health & Beauty, dikutip dari laman Hindustan Times, Jumat, 16 Juni 2023.

Menurut Siddiqui, ada tiga strategi untuk memaksimalkan manfaat madu dan meningkatkan rutinitas kecantikan Anda.

  • Pertama-tama, madu dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengungkapkan kulit yang bercahaya dengan bertindak sebagai eksfolian ringan. Untuk scrub DIY yang membuat kulit terasa halus dan segar, campurkan dengan sendok gula halus atau oat yang dihancurkan.
  • Kedua, madu membantu menjaga kelembapan kulit dengan bertindak sebagai pelembap alami dan humektan. Untuk kulit yang terhidrasi dan kenyal, aplikasikan lapisan tipis madu mentah ke wajah Anda, biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas.
  • Terakhir, madu memiliki karakteristik antibakteri yang membuatnya menjadi terapi yang efektif untuk kulit yang rentan terhadap jerawat. Aplikasikan sedikit madu mentah langsung pada noda atau jerawat untuk mendapatkan manfaat dari efek antiinflamasi dan pembersihan kulitnya.

"Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan madu dalam rutinitas kecantikan harian kita. Hal ini membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, melawan jerawat, peradangan, dan mengungkapkan tampilan kulit yang indah,” ucapnya.

Madu juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit karena sifat antibakteri, antiinflamasi, eksfoliasi, dan pelembap alaminya. Simran Taneja, pemengaruh atau influencer gaya hidup, merekomendasikan tiga cara menggunakan madu dalam rutinitas kecantikan.

Cara Menggunakan Madu untuk Wajah

1. Gunakan sebagai Pembersih

Madu bekerja dengan baik sebagai pembersih ringan dan exfoliant alami untuk wajah. Tambahkan beberapa tetes madu ke pembersih wajah biasa Anda untuk membuat scrub wajah yang efektif namun lembut.

2. Scrub Wajah Madu

Disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah sesekali untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Ambil satu sendok teh bubuk kopi, setengah sendok teh kunyit, dan dua sendok makan madu, campurkan. Oleskan dan gosok perlahan selama tiga hingga lima menit karena kulit wajah lebih sensitif dan dapat rusak oleh gosokan yang kasar. Setelah scrub, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk.

3. Masker Wajah Madu

Ambil satu sendok makan tepung, satu sendok makan madu, dan 1-2 sendok makan susu segar. Campur semua bahan dan oleskan pada wajah dengan bantuan kuas atau jari. Biarkan hingga kering, kemudian bilas wajah Anda dengan air biasa.

Pilihan Editor: Menilik Manfaat Madu Manuka untuk Perawatan Kulit serta Cara Memakainya

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."