6 Tanda Pasangan Melakukan Selingkuh Emosional, Oversharing dan Mengubah Penampilan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Proostoleh

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Proostoleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika orang berbicara tentang perselingkuhan dalam hubungan, mereka biasanya mengacu pada hubungan seksual. Namun, selingkuh emosional juga biasa terjadi, dan para ahli mengatakan itu bisa sama-sama menyakitkan. Perselingkuhan non-fisik ini bisa terasa menyakitkan dan membingungkan. 

Perselingkuhan emosional juga bisa sulit karena lebih sulit untuk didefinisikan. Jika tidak ada kontak seksual, di manakah persahabatan platonis berakhir dan sesuatu yang lebih serius dimulai? “Persahabatan cenderung tidak menarik sumber daya emosional dan waktu dari hubungan utama,” kata Ramani Durvasula, Ph.D., profesor psikologi di California State University, Los Angeles, kepada Woman's Day.

1. Fokus berkurang 

Pasangan yang tidak bisa fokus pada kencan, percakapan, atau momen bersama karena mungkin sedang memikirkan orang lain. "Kuncinya adalah mereka tampak lebih terganggu dari biasanya dan tidak selalu ada penjelasan yang jelas mengapa," kata Kate Balestrieri, PsyD., terapis seks bersertifikat dan pendiri Modern Intimacy kepada Woman's Day. Atau, jika mereka memberikan alasan, mereka mungkin mengabaikan kekhawatiran Anda atau penjelasan mereka tidak akan masuk akal.

2. Lebih protektif terhadap ponsel atau komputer mereka

Selain lebih terganggu oleh ponsel mereka, mereka mungkin mulai menjaganya. Tiba-tiba ponsel mereka tidak pernah menghadap ke atas, memiliki kode sandi baru, atau mereka tampak sangat gelisah atau cemas saat tidak dapat menemukannya. “Seringkali urusan emosional ini dimulai sebagai kecurangan seperti curhat di pesan instan,” kata Durvasula.

3. Oversharing

Kerahasiaan tidak selalu tentang menahan informasi. Terkadang saat pasangan mulai berbagi cerita lebih banya atau oversharing, itu pertanda mereka membuat alasan atau mereka menyerap antusiasme orang lain.

“Tiba-tiba mereka memiliki banyak informasi tentang hobi atau topik atau acara, dan itu biasanya berarti mereka mungkin dipengaruhi oleh hobi orang lain, pengaruh, acara layak pesta, dll.,” kata Balestrieri.

4. Mulai mengubah penampilan fisik mereka 

Anda pernah mendengar yang ini sebelumnya untuk urusan seksual, tetapi itu juga berlaku untuk urusan emosional. Jika mereka mengganti pakaian mereka atau merawat diri mereka dengan lebih baik, itu bisa menjadi tanda bahaya.

"Jika pasangan Anda tiba-tiba tertarik untuk menurunkan berat badan, berolahraga lebih banyak, berpakaian lebih baik, atau tampak lebih peduli dengan penampilan mereka, mereka mungkin mencoba terlihat baik untuk orang lain, kata Durvasula.

5. Pasangan membandingkan Anda dengan orang lain

Walaupun kedengarannya tidak nyaman, pasangan yang membandingkan Anda dengan orang lain tidak sesering yang Anda kira. "Perbandingan sebenarnya bisa menjadi indikator bahwa ada semacam loyalitas baru yang terbentuk di tempat lain dan bahwa Anda mungkin telah diprioritaskan," kata Balestrieri

Ini paling umum ketika hubungan telah menimbulkan kebencian dan pasangan yang selingkuh belum terpenuhi kebutuhannya. “Perbandingannya adalah bentuk penghinaan yang halus dan permohonan yang tidak disadari untuk: 'Mengapa kamu tidak bisa lebih seperti ini?'

6. Perubahan jadwal

"Sama seperti perubahan penampilan, perubahan jadwal juga dapat menunjukkan bahwa pasangan Anda terikat secara emosional dengan seseorang yang baru, kata Durvasula.

Pilihan Editor: Ingin Memberi Kesempatan Kedua bagi Pasangan yang Selingkuh? Mulai dari Tahap Ini

WOMANS DAY 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."