Jangan Asal Pilih, Ketahui Manfaat Bahan Skincare yang Sesuai Masalah Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Memilih produk skincare berbahan alami bisa memberi dampak baik bagi lingkungan. Sumber foto: Canva

Memilih produk skincare berbahan alami bisa memberi dampak baik bagi lingkungan. Sumber foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kata-kata seperti warna kulit yang merata, kulit bercahaya, dan kulit cemerlang sering digunakan dalam industri kecantikan, termasuk skincare. Namun, perlu diingat, efek kosmetik pada kesehatan kulit bisa beda-beda tergantung pada beberapa faktor penting. Faktor-faktor ini termasuk bahan yang digunakan dalam produk, jenis kulit, sensitivitas kulit kamu, dan cara pakai produk tersebut.

Beberapa kosmetik, terutama yang berat atau berminyak, bisa menyumbat pori-pori dan berkontribusi pada jerawat, bahkan bisa memperburuk jerawat yang sudah ada. Di sisi lain, beberapa produk kosmetik yang mengandung alkohol atau bahan-bahan keras bisa menghilangkan minyak alami kulit, membuat kulit jadi kering dan iritasi.

Makanya, penting banget buat memilih kosmetik yang cocok buat jenis kulit kamu dan perhatiin bahan-bahannya. Jangan lupa lakukan tes patch atau konsultasi sama ahli kecantikan atau dokter kulit buat tau apa produknya cocok buat kamu.

Yang paling penting, pakai kosmetik dengan bijak. Bersihin wajah kamu dengan baik setelah pakai produk kosmetik dan jangan terlalu bergantung pada kosmetik agar mendapatkan hasil yang kamu mau. Perawatan kulit yang komplit, termasuk pola makan sehat, tidur yang cukup, dan perlindungan dari sinar matahari, juga penting buat jaga kesehatan kulit kamu.

Kalau kamu terlalu sering atau terlalu banyak menggunakan produk kosmetik tertentu, seperti pengelupasan kulit yang kuat atau pengelupasan kimiawi, kulitmu bisa jadi sensitif dan lebih rentan terhadap iritasi dan kerusakan. Jadi, penting banget buat kenal sama bahan-bahan yang ada di kosmetikmu dan hindari bahan-bahan yang bisa bikin iritasi atau alergi di kulitmu.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Dr. Karuna Malhotra, Ahli Kosmetologi dan Dokter Estetika dari Klinik Kulit Kosmetik di New Delhi, berbagi beberapa tips buat dapetin kulit yang cerah dan bercahaya. Misalnya, kalau area pipimu ada bercak-bercak gelap atau pigmentasi atau kalau kamu punya jerawat di dahi dan rahang atau kulitmu keliatan kusam. 

Di bawah ini rekomendasi bahan skincare yang bisa kamu cari di kosmetikmu untuk bantu jaga kesehatan kulitmu. Apa saja? 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."