5 Cara Menjadi Influencer TikTok, Temukan Konten Andalan hingga Bangun Interaksi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi TikTok. shutterstock.com

Ilustrasi TikTok. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - TikTok bukan hanya untuk kaum muda, semakin banyak pengguna dari berbagai usia yang tertarik dengan platform video ini. Dengan adanya kesadaran merek terhadap tren ini, ada peluang bagi siapa pun, di usia berapa pun, untuk menjadi pemengaruh atau influencer TikTok. Baik kamu ingin berbagi pelajaran hidup, tips fashion, resep masakan, atau sekadar menyebarkan kegembiraan, TikTok dapat menjadi wadah untuk menampilkan kreativitasmu, terhubung dengan orang lain, bahkan mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut beberapa tips untuk meraih kesuksesan sebagai influencer TikTok di semua usia.

1. Temukan Konten Andalan

Temukan kekuatan dan minat unik yang sejalan dengan audiensmu. Apakah itu berbagi pesan kebijaksanaan, humor, atau menampilkan interaksi dengan generasi yang lebih muda, fokuslah pada hal yang paling cocok untukmu.

Promosikan bio akunmu di jaringan influencer seperti Obviously, TikTok Creator Marketplace, Upfluence, dan Julius untuk menarik perhatian sponsor yang sejalan dengan pesona kamu.

2. Bangun Interaksi

Langkah selanjutnya untuk menjadi influencer TikTok adalah erhubung dan berkolaborasi dengan kreator dari segala usia. Berinteraksi melalui komentar, kolaborasi, stitches, duet, atau unggahan bersama, kamu dapat memanfaatkan komunitas dan tren di TikTok. Ini membantumu memperluas jangkauanmu dan memperkenalkan audiensmu dengan konten baru, menciptakan rasa komunitas dan saling mendukung.

3. Tarik Perhatian Sponsor

Tampilkan produk-produk yang kamu benar-benar sukai dan tandai merek-merek terkait. Hal ini meningkatkan kemungkinan perusahaan untuk tertarik bekerja sama denganmu. Jangan ragu menghubungi merek-merek secara proaktif melalui email atau pesan langsung, menawarkan diri sebagai duta mereka. Sebutkan usiamu dan atribut unik lainnya yang membuatmu berbeda dari influencer lainnya.

4. Kuasai Kolaborasi Pertamamu

Ketika kamu mendapatkan kesempatan kerja sama, pastikan kolaborasi pertamamu, baik itu melibatkan produk gratis atau kompensasi finansial, dilaksanakan dengan sempurna. Sampaikan pesan dengan jelas, buat visual yang menarik, dan hasilkan konten yang sejalan dengan nilai-nilai merek tersebut.

Ingatlah bahwa perusahaan sering kali meninjau konten berbayar sebelumnya untuk menilai kesesuaianmu sebagai seorang influencer.

5. Tetap Waspada Terhadap Penipu

Selama membangun bisnis influencer-mu, berhati-hatilah terhadap penipu yang mengaku sebagai perwakilan merek. Mereka mungkin meminta pembayaran untuk pengiriman sampel produk atau meminta informasi pribadi. Waspadalah terhadap pesan yang tidak profesional atau salah ketik, terutama jika berasal dari merek yang tidak dikenal. Lakukan riset menyeluruh dan verifikasi keaslian merek sebelum terlibat dalam kerja sama

Mengingat menjadi influencer TikTok tanpa memandang usia, manfaatkan kreativitas di platform ini, terhubung dengan audiensmu, dan biarkan kepribadian unikmu bersinar melalui video-video yang kamu buat.

Pilihan Editor: Tips Agar Konten Kamu Masuk di FYP TikTok, Perhatikan Jadwal Posting

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."