9 Cara agar Tidur Nyenyak selama Menstruasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

4. Lakukan Teknik Relaksasi

Luangkan waktu sebelum tidur untuk melakukan latihan pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, atau meditasi. Hal ini dapat membantu mengurangi stres, meredakan ketidaknyamanan fisik, dan mempersiapkan mental Anda untuk tidur.

5. Hidrasi Tubuh

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik sepanjang hari, termasuk sebelum tidur. Minum cukup air dapat membantu mengurangi kembung dan mengurangi ketidaknyamanan selama menstruasi, juga membantu tidur nyenyak saat menstruasi. 

6. Kenakan Baju Tidur yang Nyaman

Pilihlah pakaian tidur longgar dan terbuat dari bahan alami seperti katun. Hal ini akan memberikan kenyamanan dan sirkulasi udara yang baik di malam hari.

7. Pilih tempat tidur yang sesuai

Selama menstruasi, suhu tubuh dapat berubah-ubah, menyebabkan hot flashes atau keringat malam. Pilihlah seprai yang dapat menyerap keringat, seperti katun atau bambu, untuk membantu menjaga suhu tubuh dan meningkatkan kenyamanan tidur.

8. Mengelola Rasa Sakit dan Ketidaknyamanan

Kram menstruasi dan ketidaknyamanan dapat mengganggu tidur. Gunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, sebelum tidur untuk meredakan rasa sakit yang terkait dengan menstruasi.

9. Pilihlah Produk Menstruasi yang Sesuai Tubuh

Menemukan produk menstruasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat berdampak signifikan pada kualitas tidur. Apakah Anda lebih nyaman menggunakan pembalut, tampon, atau menstrual cup, pilihlah produk yang memberikan perlindungan yang andal dan membuat Anda tetap nyaman sepanjang malam.

Pertimbangkan untuk menggunakan pembalut semalam atau tampon dengan ukuran yang lebih panjang untuk kebutuhan penggunaan yang lebih lama, sehingga dapat mencegah kebocoran dan menjaga tidur Anda tetap nyaman tanpa gangguan.

Dengan mengikuti sederet cara di atas, semoga kita dapat tidur nyenyak selama menstruasi dan merasa lebih segar dan terjaga di pagi hari. Jika kesulitan tidur terus berlanjut selama siklus menstruasi, disarankan berkonsultasi dengan profesional kesehatan, ungkap Dr. Rajini.

Pilihan Editor: Agar Tidur Nyenyak, Lakukan 10 Hal Ini 

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."