Kecewa Tak Dapat Tiket Konser Coldplay Boleh, Asal jangan Berlebihan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedih/putus cinta. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedih/putus cinta. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Demam war tiket konser impian sedang menyerang banyak orang, ada yang beruntung mendapatkan, sebaliknya ada juga yang gagal. Banyak yang melaporkan dapat tiket, sebaliknya tak sedikit yang gagal mendapat tiket konser coldplay

Psikolog dari Ikatan Psikolog Klinis wilayah Banten Mega Tala Harimukthi mengatakan untuk mengatasi kecewa agar tak berlarut-larut karena gagal mendapatkan sesuatu yang diinginkan seperti tiket konser grup atau idola tertentu, kembali realistis.

"Kembali realistis. Kembali ke kehidupan nyata apa yang sedang dikerjakan," kata dia melalui pesan elektroniknya kepada ANTARA, Jumat, 19 Mei 2023. 

Mega berpendapat, kecewa karena tidak mendapatkan apa yang diinginkan termasuk tiket konser grup atau idola merupakan hal wajar, namun apabila ini menjadi depresi maka sudah berlebihan.

"Kecewa karena tidak mendapatkan apa yang diinginkan ini wajar. Tapi kalau sampai depresi enggak bisa dapat tiket konser rasanya ini yang agak berlebihan ya. Jadi enggak bisa realistis," tutur dia.

Mega kemudian menyebut terkait fanatik dan fanatisme. Fanatik merujuk pada personal yakni seseorang yang memiliki pemahaman berlebihan, kegemaran, kesukaan berlebihan terhadap sesuatu. Teori terdahulu berpendapat seseorang yang fanatik itu dikatakan bahkan bisa mencelakai lawannya, yang tidak sepaham dengan dia.

Sementara fanatisme adalah sebuah paham seseorang yang biasanya memiliki ketertarikan yang secara berlebihan terhadap sesuatu.

Menurut Mega, seseorang boleh saja menyukai grup musik tertentu asalkan tidak terinternalisasi ke dalam dirinya sehingga aktivitas sehari-hari tetap berjalan dan tidak mengganggu hubungan dia dengan orang lain di sekitarnya. Seseorang masih dikatakan wajar menyukai sesuatu misalnya grup musik asal negara tertentu apabila dia masih bisa membedakan mana yang realitas dan hanya sekedar kesenangan.

Kemudian, mengenai harga tiket konser grup yang bisa mencapai jutaan rupiah, dia berpendapat sebagian orang mungkin sudah mencapai posisi atau finansial yang mendukung sehingga bisa mampu membelinya.

Apalagi bila grup yang disukai sudah malang melintang di industri musik lebih dari 25 tahun dan penggemar mereka rata-rata sudah berusia 30 tahunan.

Mega berpendapat, mendapatkan tiket konser dan menonton penampilan grup kesukaan sebenarnya ini lebih mengarah pada kepuasan batin untuk menikmati momen bersama grup kesukaan yang pada akhirnya mungkin tak dapat terukur dengan nominal uang.

Pada Rabu (17/5), dilaporkan orang-orang khususnya nasabah bank tertentu ikut serta berburu war tiket konser band asal Inggris, Coldplay di Jakarta dan sebagian mereka gagal mendapatkannya padahal sudah menunggu sekian lama. Promotor konser kembali membuka kesempatan bagi para penggemar untuk berburu tiket pada Jumat ini, terlepas dari status nasabah bank tertentu.

Coldplay dijadwalkan menggelar konser bertajuk "Music of The Spheres World Tour 2023" di Stadion Gelora Bung Karno pada 15 November 2023, sebuah penampilan perdana mereka di hadapan para penggemar di Indonesia. Tiket konser dijual mulai dari Rp800 ribu hingga Rp11 juta dan ini belum termasuk pajak 15 persen, biaya layanan lima persen dan biaya lainnya.

Pilihan Editor: War Tiket Konser Coldplay Sudah di Depan Mata, Ini Pentingnya Menabung

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."