5 Manfaat Jus Cranberry yang Perlu Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus cranberry. Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Ilustrasi jus cranberry. Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jus cranberry salah satu minuman sehat pilihan untuk Anda. Jus cranberry kaya vitamin C, E, dan quercetin, serta fitokimia yang memiliki efek antioksidan, menurut Bianca Tamburello, ahli diet di FRESH Communications. Antioksidan kuat melindungi tubuh dari zat berbahaya yang berkontribusi terhadap penuaan dan terkait dengan penyakit kronis. Menyeruput jus cranberry secara teratur bisa baik untuk Anda, tetapi moderasi adalah kuncinya.

“Bagi kebanyakan orang, saya merekomendasikan tidak lebih dari satu cangkir jus cranberry murni tanpa pemanis per hari,” kata Tamburello seperti dikutip dari Women's Health, Jumat, 19 Mei 2023.

Minum jus cranberry dalam jumlah sedang memiliki sedikit atau tidak ada risiko kesehatan bagi kebanyakan orang, tegas Tamburello. Namun dia menambahkan bahwa minum dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gejala pencernaan yang tidak menyenangkan seperti sakit perut dan diare.

Diperlukan lebih banyak penelitian tetapi diperkirakan senyawa tertentu dalam jus cranberry dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah, warfarin. “Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang potensi interaksi pengobatan,” kata Tamburello.

5 manfaat jus cranberry untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Kaya Polifenol

Minum jus cranberry adalah rekomendasi umum untuk melindungi dari Infeksi Saluran Kemih atau ISK, terutama karena senyawa tanamannya yang disebut polifenol, kata Tamburello. Penelitian menunjukkan kemampuan cranberry untuk mencegah perlekatan bakteri patogen di saluran kemih, dan membantu menurunkan peradangan.

Namun, Tamburello menambahkan bahwa penelitian tentang keefektifan jus cranberry dan pencegahan ISK beragam, tetapi tampaknya minum jus cranberry paling efektif pada populasi tertentu termasuk wanita yang sering terkena ISK dan orang dewasa yang lebih tua di panti jompo.

Senyawa tanaman cranberry yang dapat mencegah ISK juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. Tamburello menjelaskan bahwa polifenol tersebut dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang dengan mengontrol kadar asam mulut dan melindungi dari kerusakan gusi.

Dan, penelitian di European Journal of Oral Sciences mencatat bahwa polifenol dari buah beri berwarna gelap dapat memberikan molekul bioaktif inovatif sebagai senjata alami melawan karies gigi.

2. Kaya Antioksidan.

Jus cranberry dapat membantu mencegah pertumbuhan jenis bakteri tertentu di saluran pencernaan, yang dapat meningkatkan mikrobioma usus yang sehat, kata Crystal Scott, pakar diet. Ini sebagian besar karena buah ini kaya akan antioksidan yang diketahui memiliki efek antiinflamasi yang bermanfaat bagi seluruh tubuh dan kesehatan jangka panjang, tambahnya. Dan cranberry memiliki jumlah serat yang baik yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."