3 Efek Psikologis saat Pasangan Anda Selingkuh, Kepercayaan Menurun dan Trauma

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika Anda telah ditipu oleh pasangan Anda, Anda merasa hancur, tersesat, dan banyak emosi lainnya termasuk penghinaan. Selingkuh bisa mengubah kita sebagai pribadi berbeda dan biasanya merupakan perubahan itu permanen. dari percaya diri menurun hingga trauma.

1. Kepercayaan menurun

Percaya adalah dasar dari hubungan apa pun. Itu membuat Anda merasa aman, terlindungi, dan dihargai. Namun, ditipu bisa menghancurkan kepercayaan itu. Ketika seseorang yang Anda cintai dan percayai menipu Anda, mungkin sulit untuk mempercayai orang lain lagi di masa depan. Anda cenderung menjadi lebih berhati-hati, curiga, dan ragu-ragu untuk terbuka kepada orang lain. Kurangnya kepercayaan ini dapat melampaui hubungan romantis dan memengaruhi hubungan Anda dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. 

Anda memasang tembok dan menjaga jarak dari orang-orang. Ini membuatnya menantang untuk membentuk hubungan baru dan mempertahankan yang sudah ada. Anda juga bisa menjadi terlalu waspada dan paranoid, dan bahkan merusak hubungan masa depan Anda dengan keraguan ini tanpa alasan.

2. Harga diri lebih rendah

Perselingkuhan juga dapat berdampak signifikan pada harga diri Anda. Ketika seseorang menipu Anda, itu bisa membuat Anda merasa seolah-olah Anda tidak cukup baik. Anda bahkan mungkin mempertanyakan harga diri Anda. Perasaan tidak mampu ini bisa bertahan lama setelah hubungan berakhir, memengaruhi kepercayaan diri Anda pada hubungan di masa depan. Anda juga dapat mengalami peningkatan kecemasan, depresi, dan isolasi sosial. Perselingkuhan dapat mempersulit Anda untuk terbuka kepada orang lain, mengungkapkan kebutuhan Anda, dan menerima dukungan yang Anda butuhkan untuk sembuh.

3. Trauma emosional

Ketika Anda ditipu, itu juga bisa menjadi pengalaman traumatis yang meninggalkan luka emosional. Seringkali sulit untuk memproses perasaan marah, sedih, dikhianati, dan patah hati yang sering menyertai perselingkuhan. Anda mungkin kesulitan untuk memahami apa yang terjadi dan merasa sulit untuk melanjutkan. Trauma emosional ini dapat menyebabkan penghindaran, pikiran mengganggu, dan mati rasa emosional.

Pilihan Editor: 3 Alasan Perempuan Selingkuh, Merasakan Kenyamanan Emosional

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."