Bibir Terbakar Matahari: Tanda, Cara Mengatasi, dan Mencegahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSaat kamu mengoleskan tabir surya, mudah untuk mengingat area yang paling jelas terlihat, seperti lengan, punggung, dan kaki. Sayangnya, bibir kerap terlewatkan. Bila kamu pernah merasa perih atau sakit pada area bibir saat terlalu lama terpapar oleh sinar matahari, itu pertanda kamu alami bibir terbakar matahari.

Orang-orang sering tidak menyadari hal ini dan hanya menganggap remeh. Menurut Nazanin Saedi, dokter kulit bersertifikat dewan dan profesor klinis di Universitas Thomas Jefferson, Amerika Serikat, menduga kondisi tersebut hanya bibir pecah-pecah biasa. Padahal, kulit bibir terbilang rentan terbakar sinar matahari. "Bibir sedikit lebih sensitif karena kulit di sana lebih tipis ketimbang kulit lain di wajah," ujar Dr. Saedi, dikutip dari Real Simple, Selasa, 2 Mei 2023.

Berikut ini tanda, cara mengatasi, dan cara mencegah bibir terbakar matahari.

Tanda Bibir Terbakar Sinar Matahari (Tidak Hanya Pecah-pecah)

Untuk mengetahui kapan bibir pecah-pecah karena terbakar sinar matahari, memang terbilang sulit, kata Dr. Saedi. Tapi bukan berarti tidak bisa. Jika bibirmu menjadi kering beberapa jam setelah paparan sinar matahari disertai dengan sensasi panas, itu pertanda bibir terbakar matahari.

Kulit terkelupas dan melepuh, yang mungkin muncul di mana saja selang beberapa jam hingga sehari setelah paparan sinar matahari, juga termasuk tanda bibir terbakar matahari.

Baca juga: 6 Penyebab Bibir Kering, Bisa jadi Salah Pilih Lip Balm

Cara Mengatasi Bibir Terbakar Matahari

Umumnya, sengatan matahari adalah hal yang paling menyakitkan selama 6 dan 48 jam setelah paparan sinar matahari, menurut The National Library of Medicine. Bibir yang terbakar oleh sinar matahari akan mulai terasa lebih baik dalam waktu tiga hari, tergantung pada tingkat keparahan luka bakar yang kamu alami, menurut Dr. Saedi.

Kamu dapat membantu mengobati bibir kamu  dengan beberapa perawatan di rumah dan produk yang dijual bebas. Perawatan sengatan matahari standar juga berlaku untuk bibir, menurut Dr. Saedi. Jadi, apa saja cara yang tepat untuk menenangkan kulit bibir terbakar matahari?

1. Kompres Dingin

Untuk membantu mengatasi rasa sakit, Dr. Saedi merekomendasikan untuk mengoleskan kompres dingin pada bibir, yang dapat membantu meringankan rasa “terbakar” yang mungkin kamu rasakan.

2. Krim Hidrokortison OTC dan Vaseline

Setelah itu, kamu juga dapat mengoleskan krim hidrokortison yang dijual bebas untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi.

Jika kamu memiliki petroleum jelly, kamu dapat mengoleskannya setelah menggunakan krim hidrokortison, untuk mengunci krim hidrokortison. "Dengan luka bakar apa pun, saya suka menjebak bahan utama dengan Vaseline di atasnya," ucap Dr. Saedi.

3. NSAID

Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

4. Hidrasi

Pastikan untuk menghidrasi tubuh . Sebab sengatan matahari mampu menarik cairan dari tubuh ke permukaan kulit, menurut American Academy of Dermatology (AAD). Dan, minum banyak cairan dapat membantu kamu terhindari dari dehidrasi.

5. Hindari Menggunakan Lipstik dan Lip Gloss

Ada beberapa hal yang harus kamu hindari sampai bibir terbakar matahari kamu sembuh, Dr. Saedi memperingatkan. Termasuk tidak memakai lipstik dan lip gloss karena riasan tersebut bisa menyebabkan lebih banyak iritasi.

Cara Mencegah Bibir Terbakar Matahari

Untuk mencegah bibir terbakar sinar matahari, ADA merekomendasikan penggunaan lip balm dengan SPF minimal 15. Kemudian, diamkan hingga lip balm menyerap, berilah waktu selama 15 menit sebelum ke luar rumah.

AAD juga merekomendasikan penggunaan produk dengan spektrum yang luas, yang berarti mereka melindungi dari sinar UVA dan UVB, serta tahan air. Idealnya, tabir surya yang kamu gunakan memiliki SPF minimal 30.

Dan, jangan lupa aplikasikan kembali lipbalm atau tabir surya dengan rentang waktu selama dua jam, atau lebih cepat jika kamu sedang berenang atau berkeringat, saran AAD.

Pilihan Editor: 7 Cara Mengatasi Bibir Hitam, Menurut Dokter Kulit

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."