Studi: Ibu Menyusui Makan Kacang Bisa Cegah Alergi pada Bayi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Sebuah studi baru di Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa ibu menyusui atau hamil yang mengonsumsi kacang takaran sedang dapat melindungi bayi dari risiko alergi kacang. Tim mengevaluasi sekitar 300 bayi, dengan ibu yang makan rata-rata lebih dari lima gram kacang per minggu, sementara 70 lainnya mengonsumsi kurang dari lima gram per minggu. Dan, sekitar 180 ibu menghindari kacang selama menyusui.

Para peneliti menemukan bahwa alergi kacang terjadi lebih jarang pada bayi yang ibunya makan kacang dalam jumlah sedang saat menyusui jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang dalam jumlah besar.

"Konsumsi kacang takaran sedang tidak lebih dari lima gram saat menyusui memberikan efek perlindungan yang signifikan terhadap alergi kacang dan efek perlindungan yang terlihat," tulis para peneliti seperti dikutip dari Medical Daily, Rabu, 26 April 2023.

Ilustrasi kacang tanah. Foto: Freepik.com/topntp26

Reaksi Alergi Kacang

Di Amerika Serikat, alergi kacang adalah bentuk alergi yang paling umum, mempengaruhi lebih dari 2,5 persen anak-anak. Peneliti belum mengidentifikasi penyebab pasti yang memicu alergi pada beberapa anak. 

Alergi kacang tentu memicu gejala yang tidak menyenangkan, hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang alergi keliru mengidentifikasi protein kacang sebagai sesuatu yang berbahaya.

Reaksi alergi yang paling parah terhadap kacang tanah adalah anafilaksis, respons yang mengancam jiwa yang meliputi kesulitan bernapas, pembengkakan di tenggorokan, penurunan tekanan darah, kulit pucat atau bibir biru, pingsan, dan pusing.

Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular di Amerika Serikat merekomendasikan untuk memperkenalkan makanan yang mengandung kacang tanah kepada bayi usia 4-6 bulan, setelah mereka memulai makanan padat.

Sepertinya studi terbaru di Amerika Serikat tersebut bisa menjadi kabar baik bagi ibu menyusui yang selama ini menghindari kacang. Tapi ingat, makan kacang dalam takaran sedang. Dan, jangan lupa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ada riwayat kesehatan.

Pilihan Editor: 6 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."