Persiapan Lebaran ala Siti Rahmawati, Masak Hidangan Khas Makassar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Siti Rahmawati alias Siti KDI. TEMPO/Charisma Adristy

Siti Rahmawati alias Siti KDI. TEMPO/Charisma Adristy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen Lebaran tinggal menghitung hari, sejumlah pesohor memiliki tradisi merayakan Hari Raya Idul Fitri, salah satunya pedangdut Siti Rahmawati. Keluarga besar Siti berencana akan merayakan Lebaran di Jakarta jadi tidak mudik ke kampung halamannya di Makassar Sulawesi Selatan. 

Kendati tidak mudik, Siti tetap menyajikan hidangan khas Makassar saat di Jakarta. Di antaranya buras dan coto Makassar. Siti memang termasuk rajin menyiapkan hidangan, termasuk saat puasa. Bahkan ia sampai memiliki jadwal menu yang akan dimasak setiap harinya. 

Sebagai informasi buras adalah kudapan dari beras yang khas dari Suku Bugis. Buras sangat mirip dengan lontong. Bentuk buras cenderung lebih pendek dibandingkan bentuk lontong. 

Biasanya buras menggunakan bahan beras yang telah dimasak bersama santan. Karena dimasak dengan santan, rasa dari buras lebih gurih. Setelah diaron bersama santan, buras dimasukkan ke dalam daun pisang dan dikukus.

"Semua keluarga kumpul di Jakarta, jadi tahun ini kami enggak mudik," ucap Siti saat ditemui Cantika, Selasa, 4 April 2023. 

Sementara untuk busana Lebaran, Siti mengaku tidak terlalu spesial lantaran tidak lagi menyiapkan sarimbit sekeluarga. "Dulu pakai sarimbit sejak kakak meninggal jadi tidak seragaman lagi rasanya beda," imbuh adik pedangdut Cici Faramida ini.  

Pilihan Editor: Cici Faramida dan Siti Rahmawati Rilis Lagu Religi Nabi Al-Rahma; Totalitas Dialek Asli

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."