8 Tips Rumah Aman saat Mudik Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berencana mudik lebaran di Idul Fitri tahun ini? Pastikan rumah aman saat ditinggal mudik. Selain memastikan semua pintu dan jendela terkunci, ada tips lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini sejumlah tips rumah aman saat mudik lebaran yang dibagikan Pegipegi melalui keterangan persnya pada Rabu, 12 April 2023.

1. Pastikan Mengunci Semua Pintu dan Jendela Rumah

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat meninggalkan rumah. Pintu dan jendela biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan masuknya pencuri. Jadi, pastikan tidak lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah.

Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya karena kunci yang ditinggalkan di tempat-tempat seperti itu sangat mudah ditemukan oleh pencuri.

2. Cabut Semua Colokan Listrik atau Gas

Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik lebaran, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stopkontak dan cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Simpan Semua Barang Berharga di Tempat yang Terkunci

Bagi mereka yang akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Lalu, bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya.

4. Tutup Semua Lubang Pembuangan

Menjaga kebersihan rumah juga termasuk tips rumah aman saat mudik lebaran. Hal ini untuk menghindari masuknya hewan-hewan seperti kecoa, tikus, semut dan lain sebagainya.

Mereka yang akan mudik perlu membersihkan seluruh ruangan di rumah dan menutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Jangan lupa buang semua sampah yang ada di rumah supaya tidak timbul bau busuk.

Baca juga: 3 Produk Perawatan Kulit Ini Jangan Lupa Dibawa saat Mudik, Ada Tabir Surya

5. Jangan Tunjukkan kalau Rumah sedang Kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri. Oleh karena itu, penting untuk mengecoh orang-orang jahat yang biasanya mengincar rumah-rumah kosong dengan beberapa hal mudah yang bisa dilakukan.

Contohnya, pasanglah lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati, sehingga bisa menyala otomatis saat malam dan mati otomatis saat pagi tiba. Selain itu, calon pemudik juga bisa menaruh sandal atau sepatu di depan rumah agar terlihat seperti ada orang di dalam.

6. Laporkan pada RT dan satpam setempat

Calon pemudik disarankan memberi tahu satpam di komplek bahwa akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. Dengan begitu, satpam bisa membantu agar lebih mengawasi rumah setiap harinya selama mudik lebaran.

Laporkan juga pada Ketua RT setempat bahwa rumah kosong, sehingga jika ada sesuatu hal buruk yang terjadi, bisa segera ditindaklanjuti.

7. Pasang Alarm Keamanan

Sebelum pergi, pastikan memeriksa dan mengunci semua akses masuk ke rumah. Tapi, alangkah lebih baik jika memasang alarm di rumah untuk keamanan ekstra, atau memakai gembok ber-alarm untuk pagar rumah. Dengan begitu, alarm akan berbunyi nyaring saat rumah dimasuki secara paksa sehingga tetangga dan petugas keamanan bisa langsung bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

8. Pasang CCTV bila Perlu

Kamera pengawas atau CCTV menjadi alternatif yang paling baik agar orang-orang ingin merasa lebih tenang ketika meninggalkan rumah, apalagi untuk mudik lebaran dalam waktu yang cukup lama. Kamera CCTV ini memungkinkan calon pemudik untuk bisa mengawasi keadaan dan kondisi rumah dari jarak jauh, di mana pun dan kapan pun.

Sebaiknya, pasang kamera CCTV pada area yang memungkinkan akses vital yang ada di rumah seperti area halaman depan, pintu masuk depan, pintu belakang, ruang tengah, hingga halaman belakang.

Pilihan Editor: Jelang Mudik, Simak Tips Menyimpan Bahan Makanan agar Lebih Awet

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."